Jika anda memiliki mesin pencetak seperti mesin fotocopy canon maka yang perlu dilakukan adalah merawatnya sebaik mungkin. Dengan perawatan yang tepat, maka mesin fotocopy akan lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, mesin pencetak tersebut juga sangat berguna terutama dalam membuat salinan dokumen atau tugas.

Untuk melindungi mesin fotocopy canon agar tidak mudah rusak serta membuatnya tahan lama, simak tips perawatan mesin fotocopy berikut ini.

  1. Gunakan lap basah untuk membersihkan permukaan kaca mesin, kaca tersebut bernama platen glass. Dengan membesihkan bagian tersebut, maka hasil cetakan mesin akan menjadi lebih bersih tanpa bercak bernoda. Selain itu, bersihkan juga miror berupa kaca berukuran kecil yang terletak di sisi lampu scanner. Caranya sama seperti membersihkan platen glass.
  2. Bersihkan permukaan Drum secara rutin, baik itu seminggu 2 – 4 kali. Gunakanlah cairan permbersih khusus atau sampolly. Jika anda tidak bisa menemukan pembersih tersebut, anda bisa menggunakan alkohol.
  3. Gunakan kain kering untuk membersihkan regist roll.
  4. Clow Drum mesti diperhatikan secara berkala.
  5. Jangan menyimpan benda-benda berukuran kecil yang berpotensi masuk ke dalam mesin fotocopy. Benda kecil tersebut misalnya jarum, benang, paper klip, dan lain sebagainya.
  6. Pastikan bahwa penarik kertas mesin fotocopy selalu dalam kondisi yang baik dan aman.
  7. Tinta yang digunakan untuk mencetak adalah tinta yang berkualitas dan sesuai dengan tipe mesin yang anda miliki.
  8. Hindari penggunaan kertas yang tebal pada bagian sampingnya (bypass).
  9. Jika terdapat kotoran seperti tinta, gunakan lap basah untuk membersihkannya.