Energi listrik ialah energi yang dibutuhkan kebanyakan orang untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. energi ini sama pentingnya seperti air bersih, namun yang membedakannya adalah energi listrik harus diolah dan memiliki kapasitas atau batasan produksi tidak seperti air yang ada dimana-mana dan secara alami ada di bumi ini. untuk mengolah energi menjadi energi listrik tentu tidak mudah, banyak sekali pengorbanan yang dilakukan yang salah satunya adaalh menggunakan fosil atau isi perut bumi untuk menggerakkan mesin yang nantinya menjadi energi listrik. Tentu semakin banyak kita menggunakan listrik maka akan semakin banyak juga isi perut bumi yang diambil. Oleh karena itu anda harus menghemat listrik sebaik mungkin. Bagaimana caranya ? berikut informasinya.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan antara lain :

  1. menggunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitas. Mesin cuci memiliki kapasitas atau berat beban maksimum. Contohnya 5 kg, 10 kg, dan masih banyak lagi. semakin anda memaksakan mesin cuci anda untuk bekerja maksimal dengan berat lebih maka akan semakin besar juga listrik yang akan digunakan untuk menggerakkan atau menjalankan mesin cuci baju.
  2. Buatlah tandon air jika Anda menggunakan mesin pompa. Dibeberapa daerah di Indonesia masih terbilang banyak yang kekurangan air bersih. sehingga banyak orang yang masih menggunakan sumur untuk menampung air. Namun penggunaan sumur ini tentunya tidak efisien karena harus menggunakan pompa air untuk menjalankannya. Dan bisa dikatakan bahwa pompa air sangat menguras energi listrik. Jadi pergunakanlah tando yang tidak menggunakan besin dan tinggal mengalirkannya ke bak mandi anda.
  3. Nyalakan televisi ketika Anda ingin menonton, jangan dibiasakan tv menyala ketika Anda tertidur. Kebiasaan menonton televisi sebelum tidur adalah kebiasaan buruk yang akan banyak membuang-buang energi listrik. Oleh karena itu sebaiknya sebelum anda tertidur sebaiknya matikan lampu kamar dan juga matikan televisi agar listrik anda tidak mengalir terlalu banyak.

Itulah beberapa cara mudah menghemat penggunaan enegi listrik. Dengan menghemat listrik maka anda sudah membantu mengurangi energi bumi yang semakin lama semakin menipis ini. semoga bermanfaat