Perhatikan Faktor Ini Ketika Memilih Hosting
Perhatikan Faktor Ini Ketika Memilih Hosting

Mendapatkan hosting dengan harga yang murah merupakan penawaran yang tidak akan dilewatkan oleh orang yang sedang mencari hosting sebagai rumah untuk membangun sebuah website. Akan tetapi, tidak semua hosting murah memiliki kualitas yang baik walaupun beberapa hosting dengan harga murah memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan misalnya di CloudKilat. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan untuk memilih sebuah hosting.

Faktor pertama adalah mengenai kebutuhan hosting. Kebutuhan yang dimaksud dapat mencakup besarnya space yang diambil, lokasi server dan juga support hosting yang diperlukan. Jika website yang akan Anda bangun merupakan website percobaan atau website baru, sebaiknya memilih hosting dengan kapasitas yang tidak sebesar hosting untuk website lama atau existing website. Kedua adalah mengenai website yang akan dibangun. Jika situs yang hendak Anda bangun merupakan situs untuk toko online, maka Anda harus membutuhkan hosting dengan kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan website pribadi.

Faktor ketiga adalah mengenai lokasi server yang berdasarkan pada sasaran pengunjung website Anda. Semakin dekat suatu lokasi server dengan pengunjung website, maka kecepatan dari proses loading akan semakin cepat walaupun kecepatan dari suatu hosting termasuk hosting harga murah tidak hanya dipengaruhi oleh lokasi melainkan juga dipengaruhi oleh spesifikasi dari hardware server dari pemberi layanan web hosting. Beberapa lokasi server yaitu :

  • Hosting IIX berada di Indonesia.
  • Hosting USA di USA atau Amerika Serikat.
  • Hosting SG di Singapura.
  • Hosting EU di Eropa.

Faktor keempat yaitu jangan terjebak dengan istilah tidak terbatas atau unlimited baik dari hosting murah ataupun hosting mahal. Unlimited yang dimaksud dari penawaran hosting berarti Anda berhak untuk dapat menggunakan fasilitas space ataupun bandwidth hingga secara tidak terbatas namun hingga batas yang sesuai dengan spesifikasi hardware server dan sesuai dengan kebijakan dari masing-masing penyedia hosting. Faktor kelima adalah sebaiknya untuk domain, menggunakan ekstensi .com. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang akan mengingat eksistensi tersebut daripada eksistensi yang lain.