Program Pendidikan IPB
Program Pendidikan IPB

IPB merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Bogor yang pada awalnya merupakan cabang kampus dari Universitas Indonesia ( UI ). Pada tahun 1963 IPB mulai berdiri sendiri di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Sejak saat itu IPB terus mengalami perkembangan yang semakin baik hingga akhirnya terbentuk program pendidikan diploma yang dimulai pada tahun 1980. Pengelolaan program tersebut pada mulanya berada di bawah fakultas non gelar teknologi.

Pada tahun 1990 barulah program ini diintegrasikan dalam pengelolaan fakultas dan jurusan yang hingga saat ini terdapat 34 program studi. Namun pada tahun 2004 program ini kembali mengalami perubahan sehingga diinstruksikan menjadi 16 program keahlian yang pengelolaannya berada di bawah naungan direktorat program diploma IPB. Hingga saat ini program tersebut belum mengalami perubahan lagi dan diharapkan merupakan perkembangan yang terbaik.

Untuk menunjang pendidikan para mahasiswa ada banyak fakultas yang dapat dipilih yang di dalamnya termasuk program diploma. Beberapa fakultas yang ada di IPB di antaranya adalah fakultas pertanian, kedokteran hewan, kehutanan, matematika dan MIPA, ekonomi dan manajemen. Selain itu adapun fakultas pasca sarjana yang tersedia untuk menunjang pendidikan para mahasiswanya. Meskipun bergerak dalam bidang pertanian namun kampus ini juga merupakan perguruan tinggi negeri badan hukum.

Beberapa contoh program studi yang ada di fakultas pertanian IPB di antaranya adalah manajemen sumber daya olahan. Selain itu adapun program studi lain yaitu agronomi dan holtikultura, proteksi tanaman dan arsitektur lanskap. Sedangkan program pendidikan dalam fakultas MIPA meliputi ilmu statistika, meteorologi terapan, biologi, kimia, matematika, ilmu komputer, fisika dan biokomia. Beberapa program studi di atas meliputi ilmu dasar yang berujung pada program pertanian.