Resep Dan Cara Membuat Sayur Asem Yang Nikmat Serta Gurih
Resep Dan Cara Membuat Sayur Asem Yang Nikmat Serta Gurih

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Sumber daya alam tersebut dapat dijadikan komoditi dan sumber makanan bagi setiap warga negaranya. Salah satu contohnya adalah komoditi pangan dan pertanian sebagai bahan dalam pembuatan sayur tersebut. Resep sayur asem yang banyak tersebar luas baik itu dari media cetak serta media online memudahkan bagi siapa saja yang ingin membuat penganan ini dengan berbagai variasi sesuai selera anda masing-masing.

Sayur asem yang mempunyai cita rasa nikmat dan gurih dan tentunya menggugah selera mempunyai cara pengolahan yang sangat gampang. Berikut ini resep dan cara membuat sayur asem untuk anda yang ingin membuatnya, yang pertama bahan yang harus dipersiapkan adalah 4 sdm air asam, cabe hijau 4 buah, 1,5 liter air, 2 sdm kacang tanah, 3 cm lengkuas yang sudah dimemarkan, 2 sdm buah melinjo, 75gr kacang panjang, 1 buah labu siam yang sudah dikupas dan dipotong dadu, 2 buah jagung manis yang sudah dipotong beberapa bagian, daun melinjo secukupnya dan 2 lembar daun salam. Bumbu yang dihaluskan terdiri dari 1 sdt terasi bakar, garam secukupnya, 6 buah bawang merah, 1 sdm gula merah, 3 cabe merah dan 3 siung bawang putih.

Cara membuat sayur tersebut yang pertama harus dilakukan adalah merebus air hingga mendidih kemudian masukkan bahan seperti melinjo, jagung, kacang tanah, rebuslah hingga lunak. Yang selanjutnya adalah memasukkan bumbu yang telah dihaluskan serta masukkan juga lengkuas dan daun salam, kemudian didihkan. Selanjutnya adalah memasukkan bahan sisa seperti kacang panjang, labu siam, cabe hijau dan dan daun melinjo. Langkah selanjutnya adalah masukkan garam, gula merah dan air asam. Aduklah hingga merata dan masak hingga benar-benar matang. Angkat dan sajikan sayur asem tersebut dan nikmatilah bersama anggota keluarga anda tercinta.

Rasa asam pada sayur asem bisa diganti dengan tomat muda yang berwarna hijau serta bahan-bahan dalam pembuatan sayur ini bisa anda tambahkan dengan bahan lain misalnya daging sapi.