tumbuh kembang anak dan keluarga

Sebagai orang tua yang sangat peduli sekali dengan anak sudah sepantasnya kita harus menjaga pertumbuhan kembang anak karena anak di atas 1 tahun sudah mulai memahami, mengerti, bahkan dia mampu menirukan semua yang sering kita lakukan. Ajarkan juga mereka bagaimana cara menghormati orang tua termasuk kakek dan neneknya kalau perlu anda harus tegaskan pada buah hati kita bahwa mereka adalah orang tua yang harus kita hormati juga. Selain itu juga masih ada banyak hal yang harus anda sampaikan pada anak tentang bagaimana caranya untuk menghormati kakek dan neneknya, tujuannya agar mereka selalu menghormati dan bersikap sopan ketika sedang berhadapan dengan nenek kakeknya.

  • Yang pertama anda harus bicarakan pada anak kita betapa pentingnya peran nenek dan kakeknya dan yang pasti anak akan merasa penasaran dengan cerita sejarahnya. Beri juga penjelasana pada anak kita bahwa jika tidak ada mereka mungkin kita tidak akan lahir kedunia ini.
  • Ajarkan juga cara menghormati yang sangat benar contohnya ajarkan si kecil untuk bersikap sopan pada mereka, jangan berbicara kasar, dan juga beri salam jika ada mereka berkunjung kerumah.
  • Ciptakan komunikasi yang baik antara anak dan juga kakek neneknya denagn cara anda bisa bawa anak ke tempat mereka secara rutin misalnya seminggu sekali atau setiap bulannya. Selain itu jika rumah kita berjarak lumayan jauh seperti di luar kota ajaka buah hati kita untuk menelepon mereka biarkan dia bercakap – cakap hingga puas supaya kedekatan mereka tetap terjaga.
  • Berikan kesempatan untuk anak kita menghabiskan waktunya bersama kakek dan neneknya seperti nonton tv, pergi jalan – jalan, bermain, bahkan hanya sekedar minum teh sariwangi sambil santai di rumah pun bisa menciptakan suasana yang hangat. Apalagi teh sariwangi ini memiliki aroma melati yang khas tentunya anak – anak pun akan menyukainya.

Tumbuh kembang anak sumber dari wikipedia memang harus tetap kita jaga supaya mereka bisa menjadi anak yang selalu menghormati orang tuanya dan juga orang tua kita.

Sumber lainnya :

http://www.unhas.ac.id/fkg/ika/tips-mendidik-tumbuh-kembang-anak/