penyebab sakit jantung
penyebab sakit jantung

Jantung merupakan organ paling vital untuk mendukung kehidupan manusia, apa jadinya jika fungsi organ jantung terganggu karena berbagai penyebab penyakit yang berasal dari radikal bebas. Angka kematian akibat penyakit jantung cukup tinggi dan terjadi terutama kepada mereka berusia diatas 30 tahun sudah harus mewaspadai penyakit ini.

Faktor penyebab sakit jantung perlu diketahui sejak dini supaya pencegahan dapat dilakukan secara tepat pula. Pemeriksaan rutin harus dilakukan untuk mengontrol perkembangan penyakit jantung, selain itu anda juga harus menghindari berbagai faktor kondisi tubuh yang dapat mengarah dan berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Oke langsung saja, inilah penyebab sakit jantung.

  • Faktor Makanan Yang Dikonsumsi

Merupakan salah satu penyebab sakit jantung yang paling sering terjadi. Gaya hidup tidak sehat seperti sering mengkonsumsi junk food dengan kadar lemak tinggi secara langsung akan meningkatkan kadar kolesterol darah dan berimbas pada kesehatan jantung. Kolesterol dari makanan akan menyumbat pembuluh darah koroner sehingga akan mempengaruhi gerakan otot jantung.

  • Faktor Usia Dan Jenis Kelamin

Menurut riset yang dilakukan oleh para ahli kesehatan menyebutkan bahwa hampir 80 persen penderita penyakit jantung berasal dari mereka yang berusia diatas 40 tahun dan dapat menyerang pria dan wanita, namun resiko akan semakin meningkat setelah terjadi menopause pada wanita. Semakin tua maka resiko akan semakin besar, apalagi jika sejak muda tidak menerapkan hidup sehat.

  • Faktor Dari Penyakit Lain

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan penyakit jantung seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi jadi seseorang harus menghindari penyakit tersebut terlebih dulu sebagai langkah awal untuk menekan resiko terkena penyakit jantung. Hindari makanan berlemak dan konsumsi gula rendah kalori Tropicana agar terhindar dari penyakit pemicu serangan jantung.

  • Faktor Stress/ Emosi Berlebihan

Ketika sedang dalam kondisi stress, tubuh manusia akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol yang dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Jadi stress akan menyebabkan terjadi hipertensi yang apabila terdapat arteriosklerosis pada pembuluh darah otak maka akan terjadi stroke atau bila sumbatan kolesterol ada disekitar jantung akan menyebabkan terjadinya serangan jantung. Jadi harus mengelola mental secara benar agar terhindar dari stress dan emosi negatif.

Mungkin itu saja berbagai faktor penyebab sakit jantung yang perlu anda perhatikan supaya terhindar dari resiko dan dampak negatif. Kesimpulannya adalah menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur dan menjauhi stress akan berpengaruh besar terhadap kesehatan jantung untuk jangka panjang.