Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Kenali Dulu Beberapa Hal Ini!
Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Kenali Dulu Beberapa Hal Ini!

Bukan hal yang mustahil bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke IPB (Institut Pertanian Bogor), apalagi jika sudah ada niat kuat diimbangi dengan usaha dan doa, tentunya untuk seleksi tahun ini kamu bisa tembus dengan mudah. Indonesia memang memiliki banyak sekali perguruan tinggi ternama yang berkualitas, buktinya beberapa diantara mahasiswa asing lebih memilih menuntut ilmu kesini, karena untuk beberapa bidang kita memang lebih unggul.

Termasuk diantaranya adalah ilmu pertanian, satu perguruan tinggi yang cukup dikenal mengembangkan ilmu tersebut memang Institut Pertanian Bogor. Mungkin banyak diantara Anda dengan otak yang cerdas dan biaya menunjang ingin kuliah ke luar negeri, mengingat disana sistem pendidikan juga sangat maju ditunjang dengan saran dan prasarana yang sangat lengkap, namun pertimbangkan beberapa hal ini dulu sebelum buru-buru mendaftar kesana, yaitu :

  1. Kamu akan jauh dengan keluarga, banyak diantara orang tua yang melarang anaknya melanjutkan study ke luar negeri karena masalah ini, tak ingin anak mereka jauh dengan keluarga dan tanpa pantauan yang jelas, apalagi untuk yang masih terlalu bergantung dengan orang tua tentunya bukan pilihan yang tepat kuliah ke luar negeri.
  2. Pergaulan disana bebas, jika kamu benar-benar bisa menjaga diri hal ini tentunya bukan masalah, namun kebanyakan pertemanan selalu memberikan beberapa dampak kurang baik, bisa jadi bukan menuntut ilmu namun Anda terbawa dengan pergaulan yang kurang baik.
  3. Kamu harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga cuaca yang berbeda, hal yang kurang menyenangkan lainnya adalah Anda harus belajar adaptasi yang baik dengan lingkungan dan cuaca, beberapa orang yang sering bepergian ke luar negeri mungkin tak terlalu mempermasalahkan, namun ada diantaranya yang memiliki keterbatasan akan hal ini.

Tak perlu jauh-jauh dan membuang banyak uang jika di Indonesia sendiri sudah ada banyak perguruan tinggi ternama dengan sarana prasarana lengkap semacam IPB (Institut Pertanian Bogor)yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan untuk menuntut ilmu.