Tips Agar Pemasangan Lampu Gantung Di Dalam Rumah Aman
Tips Agar Pemasangan Lampu Gantung Di Dalam Rumah Aman

Pemasangan lampu dekor seperti hanging light memang indah, dan bisa menambah nilai estetika rumah Anda. Lampu semacam ini pun mempunyai 2 fungsi, sebagai hiasan, namun juga sebagai lampu penerangan. Mengenai fungsi terakhirnya ini, Anda tetap tak boleh mengabaikan keamanan dalam pemasangannya, sehingga di dalam rumah tak mendapatkan kecelakaan ataupun hal-hal lain yang tak diinginkan.

Anda yang akan memasang hanging lamp di rumah, perhatikan ini lebih dulu :

1. Jarak Antara Lampu Dan Lantai

Harus ada jarak yang cukup besar antara lampu dan juga lantai agar orang-orang yang berjalan tak terbentur lampu tersebut. Jarak tersebut paling tidak harus 2 meter lebih.

2. Ukuran Dari Lampu

Sesuaikan ukuran lampu dengan ukuran ruangan, seperti misalnya saja jarak lantai dan ruangan adalah 3 meter, maka paling tidak panjangnya haruslah 50 cm, dan lebarnya maksimal 30 cm.

Ketika Anda sudah menentukan ukuran yang pas dari lampu, Anda perlu memikirkan soal pemasangan dan kabel-kabelnya. Perhatikan ini :

  • Matikan arus listrik saat akan memasangnya sehingga Anda atau orang yang memasang aman dari sengatan listrik.
  • Jika lampu gantung memiliki tudung atau kanopi, pastikan benar-benar bahwa kanopi telah terpasang dengan kuat dan tak akan jatuh ketika dipasang, atau kabel menjadi membelit-belit di dalamnya.
  • Periksa bagian lampu di dalamnya, jangan sampai ada yang rusak atau bocor. Segera ganti.
  • Ketika akan memasang lampu yang tinggi, pakailah tangga yang terbuat dari kayu atau dari fiberglass sehingga lebih aman.
  • Jangan sampai kabel-kabel untuk lampu berserakan tak beraturan. Atur agar kabel menempel di atas atau di dinding sehingga tak ada yang tersandung.
  • Jangan letakkan lampu gantung di dekat alat elektronik seperti televisi yang juga mengeluarkan panas sendiri.

Beberapa tips di atas akan membuat rumah Anda yang dipasangi hanging light jadi lebih aman dan tak menimbulkan konsleting, tersandung kabel, terbentur lampu, atau hal-hal lain yang berpotensi membahayakan penghuni di dalam rumah. Anda yang ingin menata rumah agar lebih aman lagi bisa berkonsultasi dengan pakar interior di APH Home Décor.