Menyambut Generasi 4G di Indonesia, Internet Tercepat Masa Kini

Generasi 4G internet cepat mulai diperkenalkan sekarang ini, itupun setelah dilakukan pengujian oleh operator di beberapa kota besar. Di Indonesia sendiri, teknologi ini terbilang masih baru diperkenalkan, tapi di beberapa Negara maju teknologi ini sudah diperkenalkan beberapa tahun ke belakang. Indonesia teknologi yang terbilang maju masih menggunakan 3G, bahkan di beberapa tempat ada yang masih menggunakan 2G. Kalau melihat perkembangan teknologi sekarang ini, jaringan seluler ini masih bisa dikatakan ketinggalan zaman apalagi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap internet semakin meningkat.

Menyambut Generasi 4G di Indonesia, Internet Tercepat Masa Kini
Ini menjadi problematika sendiri bagi para operator komunikasi soluler. Dengan tingginya daya ukur masyarakat terhadap internet, membuat para operator terus mengembangkan layanan jaringannya sebaik mungkin. Kehadiran 4G memang menjadi angina segar di dunia virtual, karena  para pecinta internet kini bisa dimanjakan dengan layanan yang satu ini dalam hal transfer data yang begitu cepat.  Para operator di dalam negeri berlomba-lomba untuk menyediakan layanan tersebut, dan salah satu provider yang pertama kali menyediakan layanan tersebut adalah Smartfren. Dengan begitu para pengguna mobile phone bisa menikmati internet super cepat tersebut.

Kalau membahas sebelum datangnya generasi 4G internet cepat, 3G menjadi jaringan yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan para pecinta internet. Jauh sebelum itu, teknologi 1G dan 2G menjadi pelopor hadirnya jaringan nirkabel di Indonesia. namun seperti yang sudah kita rasakan, teknologi 1G dan 2G masih memiliki banyak kekurangan jika dilihat dari kebutuhan masyarakat sekarang ini. 1G dan 2G tersebut diperbaharui agar lebih meningkat, dan hadirlah 3G. memang jaringan yang satu ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, namun memang dari segi pelayananya belum begitu memuaskan. Untuk itu dihadirkan lah generasi ke-4 yang diberi nama 4G. Ini menjadi teknologi tercanggih sekarang ini, karena kecepatan transfer data yang dihasilkan sangatlah tinggi dengan kecepatan unduh mencapai 1 Gbps dan upload hingga 500 Mbps.

Dengan hadirnya teknologi 4G ini, tentunya akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia menjadi semakin baik. Karena kalau kita lihat sekarang ini, dunia bisnis dipenuhi dengan para pebisnis yang memanfaatkan dunia virtual sebagai lahan mencari keuntungan.