Untuk sekarang ini berita-berita dari berbagai media di Indonesia telah sibuk memberitakan tentang adanya reklamasi. Reklamasi sendiri yang merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan dengan menambah lahan baru yang ada di laut. Kegiatan reklamasi seperti ini tentunya sedikit banyak menimbulkan kekurangan dan juga kelebihan tersendiri akan dampaknya, terutama jika dilihat dari sudut lingkungan dan juga dari unsur sosial ekonomi.

Dalam proyek reklamasi yang sekarang ini telah dilakukan oleh beberapa daerah di Indonesia, secara lebih rincinya terdapat kelebihan serta kekurangannya. Apalagi dalam proyek yang dilakukan sering terjadinya pro dan kontra dari masyarakat terutama daerah sekitar. Dalam penggunaan reklamasi yang sebenarnya harus dilakukan sebenarnya akan sangat bermanfaat jika dilakukan dengan penuh pertimbangan akan dampak yang akan terjadi. Sehingga sebelum melakukan reklamasi pada daerah pantai yang dilakukan maka berbagai pertimbangan yang menyeluruh terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya yang akan terjadi.

Secara lebih rinci berikut ini diantara berbagai kelebihan dan kekurangan dari adanya kegiatan reklamasi yang dilakukan diberbagai daerah.

Kelebihan dari adanya reklamasi.

  1. Dapat menjadi pemanfaatan akan sumber daya lahan terutama dalam turut membantu perkembangan ekonomi. Lahan yang tidak terpakai seperti daerah berair yang kurang produktif dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat lagi.
  2. Dapat menjadi pengurang akan adanya abrasi pantai yang sering merusak daerah disekitar pantai. Ini terjadi karena adanya penahan reklamasi yang dilakukan.
  3. Dapat menjadi tempat terbaru dalam melakukan wisata bahari sehingga secara otomatis membantu akan perkembangan ekonomi.
  4. Menyediakan lahan pekerjaan baru karena dalam proyek reklamasi memerlukan tenaga yang cukup banyak, sehingga membantu dalam mengurangi pengangguran.
  5. Menjadi tempat dalam mengurangi kepadatan penduduk yang ada di daerah kota.

Kekurangan dari adanya reklamasi

  1. Dapat menjadi akibat dari rusaknya ekosistem, terutama akan ekosistem di sekitar pantai karena adanya perubahan dari kondisi alam yang dirubah.
  2. Dapat mengganggu mata pencaharian nelayan dalam mencari ikan, hal ini terjadi karena adanya wilayah penangkapan ikan bagi nelayan yang terganggu.