Tips Memperoleh Berat Badan Ideal
Tips Memperoleh Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari usia anak hingga dewasa. Karena dengan bobot tubuh yang sesuai, maka dapat dipastikan hal ini mampu menunjang dalam berpenampilan. Selain dari itu, memiliki berat badan yang pas, seperti sebagaimana seharusnya, mampu meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan. Karena seperti yang dapat anda lihat sendiri, pada umumnya orang-orang yang obesitas, atau memiliki berat tubuh yang berlebih mudah sekali terserang penyakit, salah satunya ialah diabetes melitus. Begitu pula hal yang sama dapat terjadi kepada mereka, yang memiliki berat tubuh di bawah rata-rata perhitungan index massa tubuh, seperti kekurangan gizi, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, untuk menghindari kedua hal tersebut, mulai dari sekarang berusahalah untuk memperoleh berat tubuh yang ideal.

Untuk menghitung berat badan ideal, anda dapat mengikuti caranya seperti berikut, yang sesuai dengan rumus BMI. Yakni, BMI = berat badan (KG) / tinggi badan (m) x tinggi badan (m). Sehingga perhitungan dapat diperoleh sebagai berikut misalnya, 43 kg / 1.52 m x 1.52 = 18.6. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan berat badan ideal, apabila mengikuti aturan sesuai dengan index massa tubuh, yang mengatakan bahwa hasil perhitungan 18.5 – 22.9 = berat badan ideal. Namun, dari yang kita lihat, nampaknya jika berat badan serta tinggi badan anda sesuai dengan perhitungan yang kami berikan, nampaknya harus menambah berat badan anda sedikit lagi sehingga akan lebih seimbang.

Berikut ini akan kami sajikan beberapat tips bagi anda untuk mendapatkan berat badan ideal, diantaranya:

  1. Biasakan untuk sarapan pagi sebelum beraktivitas, dengan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak.
  2. Gantilah camilan anda, dengan camilan yang bergizi tinggi. Seperti sereal dari gandum utuh, atau jenis buah-buahan.
  3. Perbanyak meminum air mineral, minimal sebanyak 8 gelas perhari.
  4. Hentikan mengkonsumsi makan setelah memasuki waktu sekitar pukul 5 atau 6 sore.