menu masakan indonesia
menu masakan indonesia

Opor ayam merupakan menu masakan Indonesia yang banyak disukai oleh setiap orang termasuk anak-anak, selain disantap saat lebaran bersama ketupat, masakan khas Indonesia tersebut juga sering disajikan menjadi menu harian di rumah. saat ini ada cara yang lebih berbeda sebagai bahan pelengkap yang dapat anda tambahkan pada masakan opor ayam tersebut, agar disukai oleh anak anda.

mennu masakan indonesia
mennu masakan indonesia

Pelengkap tersebut adalah susu full cream yang akan memberikan rasa gurih serta sedap pada masakan khas Indonesia tersebut. dengan campuran susu pada bahan yang digunakannya, masakan berbahan dasar ayam tersebut akan sangat disukai oleh anak-anak dan bagi anda yang memiliki anak yang susah makan bisa mencoba resep opor ayam dengan bahan pelengkap susu full cream yang akan disukai oleh anak anda.

Untuk membuat opor ayam anda memerlukan 1 ekor ayam di potong menjadi beberapa bagian, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 2 ruas jari lengkuas yang dimemarkan, 2 batang sereh dimemarkan, 700 mL air, 50 g susu full cream yang dilarutkan dalam 100 mL air dan untuk susu tersebut anda dapat menggunakan produk dari nestle seperti Dancow Full Cream. Bahan lainnya yaitu merica, gula pasir dan garam secukupnya. selain bahan tersebut, anda juga membutuhkan bumbu yang dihaluskan seperti 5 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, minyak untuk menumis, 1 sdm ketumbar, 1 ruas jahe, 3 buah kemiri, dan 2 ruas jari kunyit. Setelah mengetahui bahan yang dibutuhkan, selanjutnya cara membuat menu masakan Indonesia berupa opor ayam tersebut dapat anda ketahui melalui penjelasan di bawah ini :

Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus yang telah dihaluskan tadi, selanjutnya masukan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh lalu tumis hingga harum. Kemudian baru anda dapat memasukan ayam yang telah di potong-potong ke dalam bumbu yang telah ditumis, setelah itu aduk sampai ayam merata dengan bumbunya. Langkah selanjutnya tuangkan air dan masak ayam hingga setengah matang, lalu tuangkan susu full cream dan aduk hingga rata sampai bumbu dan air mengental dan menyerap ke dalam ayam. Setelah itu baru anda dapat menyajikannya di wadah yang telah disediakan, agar anak anda ingin memakan menu masakan Indonesia tersebut anda dapat menyajikannya di wadah karakter sesuai dengan yang disukai anak-anak.