aneka resep masakan nusantara
aneka resep masakan nusantara
aneka resep masakan nusantara
aneka resep masakan nusantara

Semua orang Indonesia pasti mengenal bakso, di manapun kita berada pasti menemui bakso. Mulai bakso yang dijual di tempat makan eksklusif hingga bakso gerobakan yang dijual dipinggir jalan. Semua orang tidak terbatas usia atau kelas sosial pasti pernah memakan bakso. Namun kita sebagai penikmat bakso jangan hanya bisa menikmatinya saja, sekali-kali cobalah membuat sendiri di rumah, aneka resep masakan nusantara kali ini akan mengajak anda untuk mencoba membuat bakso. Cukup banyak bahan yang perlu disiapkan untuk membuat Bakso, secara garis besar dapat dikelompokan dalam tiga macam bahan utama yaitu bahan-bahan membuat bakso, bahan membuat kuah bakso dan bahan pelengkap bakso.

Bahan untuk membuat bakso adalah 100 gram, ½ kg daging sapi giling, ¼ kg bawang putih yang telah dihaluskan, 1 sdt lada bubuk, dan 1 butir telur ayam. Kemudian bahan membuat kuah bakso yaitu ¼ kg bawang putih, 3 liter air, 2 sdm garam, 1 buah tulang kaki sapi, 1 sdm gula pasir, 1 sdt pala bubuk, dan 1 sdt lada bubuk. membuat kuah bakso yaitu ¼ kg bawang putih, 3 liter air, 2 sdm garam, 1 buah tulang kaki sapi, 1 sdm gula pasir, 1 sdt pala bubuk, 1 sdt lada bubuk dan Indofood Maggi Blok Rasa Sapi agar kuah terasa semakin gurih dan nikmat. Sementara bahan untuk pelengkap bakso terdiri dari Indofood Saus Tomat secukupnya, kecap Indofood secukupnya, bawang goreng, bihun yang telah disiram air panas, daun seledri dan Indofood Sambal Ekstra Pedas.

Cara membuatnya adalah pertama campurkan semua bahan bakso yang telah dijelaskan di awal, kemudian haluskan menggunakan mixer. Setelah halus kemudian adonan dibuat bulat-bulat, lalu rebus dalam air mendidih. Jika adonan bakso sudah mengapung segera angkat karena itu menandakan bakso tersebut sudah matang.  Sementara untuk membuat kuah bakso, pertama-tama masukan bumbu dan bahan kuah bakso ke dalam panci yang berisi 3 liter air, kemudian masak hingga mendidih dan matang, jangan lupa untuk memasukan Indofood Maggi Blok Rasa Sapi agar kuah semakin  sedap. Setelah semua matang siapkan bahan pelengkap ke dalam mangkok saji, kemudian tuangkan kuah dan baksonya. Demikianlah aneka resep masakan nusantara kali ini, selamat mencoba.