senam otak
senam otak

Siapa yang tidak ingin anaknya menjadi cerdas, tentu semua orang tua ingin seperti itu sehingga sebagai orang tua memerlukan cara bagaimana bisa membuat anaknya menjadi cerdas. Semua itu tentu tidak bisa secara langsung perlu ada proses sehingga memerlukan cara yang tepat agar anak yang kita miliki bisa cerdas. Apalagi sekarang ini ada yang disebut dengan senam otak yang bisa merangsang otak yang kita miliki khususnya pada anak – anak kita.

senam otak
senam otak

Ada beberapa cara untuk bisa meningkatkan kecerdasan pada anak diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Berikan makanan yang sehat dan bergizi. Faktor nutrisi dari makanan sangat berperan penting dalam memenuhi nutrisi otak sehingga bisa memiliki daya ingat yang kuat. Makanan tersebut bisa diberikan ketika sarapan, makan siang ataupun makan malam. Tentu jangan lupa memberikan susu khususnya dancow akan kaya nutrisi dan vitamin lengkap yang diperlukan oleh otak.
  2. Pancing anak agar mengeluarkan ide – ide melalui pertanyaan – pertanyaan. Apalagi ketika anak sudah pulang sekolah tentu itu bisa menjadi momen agar orang tua bisa bertanya kepada anak – anaknya khususnya ketika di sekolah.
  3. Berikan anak untuk bisa tidur dengan cukup. Istirahat tentu menjadi hal yang sangat berharga khususnya bagi otak anak anda karena jika tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat maka akan membuat anak kehilangan kemampuan otaknya. Tidur sangat berpengaruh pada faktor kognitif anak.
  4. Lakukan senam otak secara rutin. Karena senam rutin ini bisa meningkatkan kecerdasan pada anak dan bahkan bisa menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri.
  5. Olahraga secara teratur tentu akan membantu anak agar tetap sehat secara keseluruhan salah satunya adalah kesehatan otak anak.
  6. Batasi anak terhadap tv dan lebih memberikan permainan yang edukatif pada anak. Cara ini tepat pada era yang maju saat ini banyak pilihan permainan yang edukatif yang bisa diberikan orang tua terhadap anak. Serta sedikit sekali peranan tv untuk bisa memberikan pelajaran pada anak.