Kita sebagai ibu hamil tentunya ingin mengetahui perkembangan janin tiap minggunya karena hal tersebut adalah hal yang paling dinanti-nanti oleh ibu yang sedang mengandung. Berikut ini adalah gambaran perkembangan janin tiap minggunya yang harus kita ketahui.

Konsepsi yaitu pembuahan yang terjadi ketika sebuah sperma bertemu dan juga akan menembus telur. Beberapa faktor yang akan membuat cepat untuk hamil seperti halnya posisi ketika berhubungan, kualitas dari sperma dan juga telur.

Di dalam waktu sekitar 3 hari setelah proses dari pembuahan, sel telur yang sudah dibuahi akan membelah sangat cepat sekali dan selnya akan menjadi banyak. Untuk melewati tuba fallopi yang menuju ke arah rahim, dan disana akan menempel terhadap dinding rahim. Plasenta mempunyai fungsi untuk dapat memelihara bayi yang telah mulai terbentuk.

Pada minggu kedua janin akan mulai tumbuh dengan embrio yang mempunyai 3 buah lapisan yaitu lapisan luar yang akan membentuk saraf, telinga, mata dan juga jaringan ikat. Lapisan tengah yang akan membentuk sebuah system peredaran darah dan juga lapisan bagian dalam untuk dapat membentuk sebuah organ tubuh seperti jantung, paru-paru,otot dan juga ginjal.  

Pada pertumbuhan janin yang sudah berusia 1 bulan sedang mengalami perkembangan struktur tubuh yang tentu saja akan membentuk bagian wajah dan juga bagian leher. Lambung, paru-paru , hati, jantung serta pembuluh darah telah mengalami perkembangan.

Sebuah tes kehamilan yang sudah kita lakukan dapat menunjukan hasil yang sangat positif. Penting sekali untuk dapat meningkatkan nutrisi ibu yang sedang hamil supaya janin bisa berkembang dengan baik.

Perkembangan janin yang sudah memasuki usia 2 bulan pada saat ini mempunyai ukuran yang lebih dari 2cm. Kelopak mata dan juga telinga akan mulai terbentuk dan kita sudah bisa memulai melihat ujung hidung, lengan dan juga kaki yang sudah terbentuk dengan sangat baik.

Nampak juga bagian jari tangan dan juga kaki yang tumbuh lebih panjang dan juga akan kelihatan lebih jelas.