Olahraga Menurunkan Berat Badan
Olahraga Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian yang memperdebatkan apakah olahraga dapat menurunkan berat badan secara maksimal atau tidak. Pasalnya, olahraga dan diet memiliki dampak dan mekanisme yang berbeda terhadap tubuh manusia. Ada yang benar-benar bisa menurunkan berat badan hanya dengan berolahraga dan adapula yang bisa memiliki berat badan ideal tanpa harus berolahraga. Lantas, ampuhkah Olahraga menurunkan berat badan? Seperti yang diketahui bahwa kelebihan berat badandiartikan sebagai terlalu banyaknya lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Lemak tersebut membuat adanya ketidakseimbangan antara tinggi dan berat badan. Hal tersebutlah yang kemudian membuat tubuh terlihat gemuk. Perlu diingat bahwa bentuk dan berat tubuh juga bisa ditentukan oleh hal lain seperti proporsi otot dan lemak pada tubuh. Nah, diet dan berolahraga sangat mempengaruhi kadar atau proporsi otot dan lemak tersebut.

Olahraga mampu membuat tubuh membakar lemak. Tak hanya itu, aktivitas menyehatkan ini juga dapat menstimulasi proses pertumbuhan otot. Kondisi inilah yang mengakibatkan tubuh yang sering berolahraga memiliki otot yang lebih besar dan banyak. Efek olahraga tersebut tentu tidak akan berdampak besar jika tujuan Anda adalah untuk memperbesar massa otot.

Karena saat lemak berkurang tapi otot semakin meningkat massanya, maka sangat kecil berat badan yang bisa dikurangi. Maka dari itu untuk Anda yang benar-benar ingin menurunkan berat badan, sebaiknya lebih teliti lagi dalam memilih olahraga yang tepat. Pilihlah olahraga yang fokus untuk melunturkan lemak saja. Jika berat tubuh sudah turun, barulah Anda membentuk tubuh agar terlihat lebih menarik dan sehat.

Jika Anda hanya mengandalkan diet dengan mengurangi asupan kalori setiap harinya, maka tentu saja cara tersebut harus dilakukan secara konsisten. Tubuh membutuhkan penyesuaian lagi saat Anda mengubah pola makan. Sehingga Anda harus memastikan bahwa asupan nutrisi selama diet harus tetap terpenuhi agar Anda tidak drop nantinya.

Tantangan terbesar dari diet adalah hormon grehlin (lapar) yang meningkat. Jadi wajar saja jika akan sangat sulit jika Anda ingin menurunkan berat badan hanya dengan mengandalkan diet tanpa olahraga. Lakukan Olahraga menurunkan berat badan secara teratur, pola makan yang sehat dan minum minuman sehat seperti Nestle agar upaya Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal bisa segera terealisasikan.