mainan edukasi
mainan edukasi

Permainan tidak hanya memberikan keceriaan dan kesenangan bagi anak untuk memainkannya, tapi juga harus memiliki makna tersendiri atau memberikan manfaat kepada anak dalam proses belajarnya.

Di zaman yang serba canggih dan modern seperti saat ini orang tua tentunya harus bijak dalam memilihkan Mainan Edukasi untuk anak, daripada membelikan mainan yang hanya sekedar mainan saja. Mainan edukatif itu adalah jenis mainan yang dapat merangsang otak atau daya pikir anak yang memainkannya, termasuk juga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi serta memecahkan suatu masalah.

Mainan edukatif juga dapat memberikan stimulasi pada sistem motorik halus, seperti pada aat anak sedang memainkanya, mengambil, meraba, memegang, dan lainnya. Memeperkenalkan mainan edukatif dapat memberikan pengaman baru kepada anak selain hanya alat main saja, tapi juga dapat memberikan pengalaman baru dalam kesehariannya.

Manfaat dari Mainan Edukasi untuk anak adalah dapat melatih konsentrasi, misalnya pada saat menyusun puzzle, anak dilatih untuk konsentrasi, fokus terhadap gambar yang akan disusunnya, serta tidak mengandalkan fisik berlebihan dan hanya mengandalkan konsesntrasi saja. Melatih kemampuan motorik anak, motorik kasar diperoleh ketika anak dapat menggerak-gerakan mainannya, mengangkat, melempar, dan sebagainya. Sedangkan merangsang motorik halus ialah diperoleh dari menjemput mainan, memegang dengan kelima jarinya, meraba, dan sebagainya.

Mengenalkan warna dan bentuk, dengan mainan edukatif, maka anak akan mengenal banyak warna dan juga ragam bentuk mainan tersebut. melatih bahasa dan wawasan, jika permanan yang menuntut penuturan cerita, maka anak akan meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa dan juga memberikan wawasan yang luas. Memperkenalkan konsep sebab dan akibat, contohnya jika si anak memasukan benda yang lebih kecil kedalam lubang yang lebih besar, maka akan terjadi pertanyan, kenapa seperti itu? Sehingga anak akan mencari solusinya bagaimana benda tersebut bisa masuk sesuai dengan ukurannya.

Permaianan seperti itu harus diperkenalkan kepada anak untuk menstimulasi otaknya agar lebih cerdas dan kreatif, dukung juga asupan nutrisi anak dengan memberikan susu Dancow yang diperkaya dengan vitamin, mineral minyak ikan serta manfaat lainnya bagi tumbuh kembang anak. Itulah beberapa manfaat Mainan Edukasi yang perlu dkenalkan kepada anak Anda.