kreasi makanan anak
kreasi makanan anak

Anak sering kali susah untuk makan, terkadang mereka pilih-pilih soal makanan, sesuai yang dia inginkan tanpa tau asupan gizinya, apalagi jika makan atau jajan diluar rumah. Disini bu harus memperhatikan asupan gizinya lewat makanan yang bervariasi yang akan dimakan oleh anak, juga berikan susu terbaik dengan asupan nutrisi yang banyak seperti susu dancow.

Anak sering kali membeli jajanan diluar rumah karena bosan dengan makanan rumah. Faktor kebersihan dan kesehatanlah yang biasanya menjadi pertimbangan para ibu selalu menciptakan variasi menu makanan yang enak untuk bekal sang anak. Yang harus diperhatikan juga asupan nutrisi dari susu dancow yang harus selalu ibu berikan pada anak. Berikut adalah aneka resep kreasi makanan anak untuk dijadikan bekal ke sekolah yang mudah, sederhana hingga bervariasi untuk bekal si kecil.

  1. mie cetak

Bahan:

2 butir telur ayam, kocok rata

100 gram wortel, parut atau rebus, iris halus

100 gram mi yang telah direbus

50 gram ayam, cincang halus

2 siung bawang putih, cincang

2 sdm daun bawang, iris

2 butir bawang merah, iris halus

1 sdt tepung terigu

400 ml minyak untuk menggoreng

sedikit lada bubuk dan garam

Cara mebuat:

Campur semua bahan jadi satu, aduk rata. Cetak bentuk hati. Panaskan minyak, goreng adonan mi hingga kuning kecokelatan. Sajikan dengan saus tomat.

  1. resep daging gulung

Bahan :

50 gram daging sapi, pipihkan dengan pemukul daging

5 potong wortel, rebus matang, potong-potong

50 gram buncis, potong-potong

1 butir telur, kocok lepas

100 gram tepung panir

3 siung bawang putih, haluskan

1 sdm kecap asin

½ sdt lada bubuk

Cara membuat:

Bumbui daging yang sudah pipih dengan lada dan garam, lalu letakkan potongan buncis dan wortel di atasnya. Gulung daging, dengan diperkuat dengan tali. Kukus selama 10 menit hingga daging mengeras, lalu lepas ikatannya. Celupkan gulungan daging ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke atas tepung panir sampai rata di semua permukaan daging. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.