Sarana transportasi umum kini lebih banyak digunakan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan jauh. Jenis transportasi umum yang paling difavoritkan saat ini adalah kereta api yang sekali jalan bisa mengangkut ratusan orang. Kereta api menjadi sarana transportasi yang paling favorit juga karena alasan lain misalnya harga, kecepatan hingga cara pembelian tiketnya yang sekarang ini menjadi sangat mudah. Jika dahulu Anda akan naik kereta api maka perlu datang ke stasiun untuk membeli tiket kereta beberapa hari sebelum keberangkatan untuk musim liburan panjang. Namun sekarang ini tiket kereta bisa dibeli dengan mudah di berbagai tempat lainnya. Salah satu cara yang paling mudah adalah beli tiket kereta di Bukalapak  yang merupakan satu situs belanja online terpopuler saat ini.

Membeli tiket kereta api di Bukalapak akan memberi Anda berbagai kemudahan karena tak perlu datang langsung ke stasiun kereta dan mengantri. Anda bisa mengakses Bukalapak dari mana saja dan kapan saja. Sistem online yang digunakan Bukalapak memungkinkan Anda untuk langsung terhubung ke sistem penjualan tiket PT KAI sehingga bisa memilih di kursi mana yang kosong sesuai dengan selera.

Namun agar pembelian tiket Anda sah dan resmi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi pembelian tiket yaitu:

1. Data sesuai dengan KTP.
Siapkan kartu tanda penduduk yang masih berlaku untuk mengisi data di tiket kereta. Meski tak serumit tiket pesawat namun kesalahan pengisian data juga bisa berakibat gagalnya transaksi pembelian tiket kereta. Isilah dengan benar dan cermat agar nama yang tertera di tiket sesuai dengan nama di identitas calon penumpang.

2. Pilih kelas kereta.
Dalam rute yang diinginkan, bisa saja terdapat beberapa nama kereta api yang melayani rute tersebut. Masing-masing kereta memiliki jenis kelas penumpang yang berbeda-beda. Ada juga kereta yang dalam satu rangkaiannya memiliki gerbong untuk 2 atau 3 kelas berbeda sehingga Anda perlu cermat dalam memilih jenis tiket kereta di Bukalapak agar mendapatkan kelas dan harga yang sesuai.

3. Jadwal tiba.
Bukan hanya jadwal keberangkatan yang perlu diperhatikan namun juga jadwal tiba di daerah tujuan. Perhatikan jadwal tiba karena banyak kereta malam yang tiba dini hari atau bahkan masih tengah malam. Jika tak ada orang yang menjemput, sebaiknya memilih kereta pagi sehingga banyak orang yang sudah berlalu lalang di stasiun tujuan.

4. Denah tempat duduk.
Karena bersistem online, membeli tiket di Bukalapak juga memungkinkan Anda untuk memilih denah tempat duduk sesuai dengan keinginan. Apakah Anda lebih suka duduk dekat jendela atau tidak, bisa dipilih asalkan masih ada kursi yang sesuai dengan pilihan Anda. Ketika akan berangkat, jangan lupa juga untuk duduk di kode kursi yang sesuai dengan yang tertera di tiket. Jika Anda tak mengisi denah kursi maka sistem akan memilihkannya secara otomatis.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum dan saat membeli tiket kereta di Bukalapak. Pastikan Anda bisa meluangkan waktu untuk segera melakukan pembayaran karena Bukalapak memberikan batasan waktu hanya 2 hingga 4 jam untuk melakukan booking tiket kursi kereta sesuai dengan keinginan Anda. Jika dalam batas waktu pembayaran Anda belum melakukan transfer via ATM, mobil banking atau mini market, maka proses pemesanan tiket akan dibatalkan sehingga Anda perlu melakukan kembali dari awal.