Berita Internasional – Tenggelam di dalam lautan informasi dalam surat kabar sambil ditemani oleh secangkir kopi pada sore hari sudah menjadi kebiasaan rutin yang tidak bisa ditinggalkan. Kebiasaan membaca berita bukan sekadar sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang saja. Dibalik aktivitas yang sederhana ini terdapat manfaat yang sangat besar. Berita merupakan bagian dari komunikasi yang dapat memberikan informasi mengenai sebuah kejadian atau isu yang terjadi di dunia.

Berita menyediakan informasi bagi masyarakat yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan mengenai kehidupan sehari-hari. Berita dapat dibuat menarik atau bahkan menyenangkan untuk dibaca. Namun tujuan utama dari sebuah berita adalah alat untuk menambah pengetahuan dari pembacanya. Jurnalis asal Amerika Serikat, pernah menjelaskan mengenai peran berita sebagai sumber informasi yang penting bagi pembacanya. “Manusia membaca berita karena mereka memiliki prinsip dan tujuan yang ingin dicapai. Mendapatkan fakta dari berita dapat membantu tujuan tersebut,” tulisnya.
Kebiasaan membaca berita internasional dari surat kabar maupun membaca pada umumnya perlahan-lahan mulai berkurang seiring dengan kehadiran internet. Membaca koran sekarang sudah bukan lagi kebiasaan yang dilakukan oleh generasi muda. Untuk memenuhi rasa ingin tahu serta untuk menambah pengetahuan, generasi muda cenderung untuk menggunakan internet dibanding media massa konvensional seperti surat kabar.
Menurut survey yang dilakukan oleh American Press Institute, generasi milenial (generasi yang lahir pada awal 1980 sampai awal 2000) dibandingkan dengan golongan orang berumur 45 tahun ke atas.

Kebiasaan membaca berita ini mulai diganti dengan kebiasaan dalam menggunakan internet dan sosial media untuk mendapatkan berita. Kesulitan untuk mendapatkan sumber yang dapat dipercaya serta enggan berlama-lama untuk mencari, sebagian besar pengguna internet ini mendapatkan berita serta informasi terbaru dari sosial media yang kadang kredibilitas informasinya dipertanyakan. “Kini anak-anak muda telah dibombardir dengan informasi dari social media serta dari sumber lain, sehingga mereka beranggapan tidak membutuhkan berita yang kredibel. Memilih untuk tidak mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya memiliki efek yang sangat buruk, tidak hanya untuk industri media namun bagi masyarakat juga,” tulisnya.

Berita internasional terbaru dapat diakses dari beberapa website indonesia yang menjadi referensi akurat dan terpercaya, contohnya mata mata politik.com, website yang merupakan media harian online yang menyajikan berbagai sajian berita dalam dan luar negeri atau internasional, dan dapatkan berbagai berita yang menarik akurat dan terpercaya.