berita otomotif cek kondisi ban mobil
berita otomotif cek kondisi ban mobil

Para pemilik sepeda motor atau mobil diwajibkan untuk selalu mengecek kondisi bannya sebelum melakukan perjalanan. Hal tersebut wajib dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terajadinya hal hal yang tidak diinginkan misalnya saja kecelakaan. Sebuah ban pada kendaraan merupakan salah satu komponen yang harus sangat diperhatikan untuk menjaga keselamatan dan keamanan saat berkendaraan.

Seorang pembalap mobil nasional dan juga sekaligus sebagai penyiar radio di Jakarta yaitu Rally Marina mengatakan jika peran ban untuk sebuah kendaraan itu penting sehingga jangan pernah menganggap remeh tentang hal ini. Berdasarkan berita otomotif terkini dirinya mengatakan jika hal yang paling utama adalah dengan memastikan tekanan udaranya agar selalu cukup. Rally mengatakan jika pecahnya sebuah ban bukan disebabkan oleh karena adanya kelebihan udara, tetapi pecahnya ban itu dikarenakan tekanan udara yang kurang.

Menurut Aries Abdullah seorang Senior Manager Busines Support Sales Replacement PT Gajah Tungal Tbk, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengecek kondisi ban diantaranya yaitu :

Berita Otomotif 3 Langkah untuk Cek Kondisi Ban Mobil

  1. Mengecek Tekanan Udara

Hal yang paling utaman adalah dengan mengecek tekanan udaranya dan pastikan jika kondisinya sudah sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh masing masing produsen ban. Tekanannya ini bisa dicek dari daun pintu atau juga dipilar pintu bagian pengemudi. Pastikan tekanan udaranya itu tidak kelebihan dan juga tidak kekurangan sehingga harus sesuai.

  1. Mengecek Banyak Batu Kecil Atau Kerikil

Yang harus dicek itu adalah apakah kondisi ban banyak batu kecil atau kerikil atau bahkan benda asing yang akan menempel pada celah ban. Ketika dicek ada maka sebaiknya dilepas agar nantinya batu batu tersebut akan bisa dikurangi sehingga tidak akan semakin masuk kedalam ban.

  1. Mengecek Kondisi Ban

Dengan mengecek kondisi ban apakah masih bagus atau tidak. Jika kondisi ban sudah retak atau sobek maka sebaiknya jangan dipaksakan digunakan untuk berkendara, karena jika terus dipaksakan digunakan maka dikhawatirkan akan dapat membahayakan diri sendiri dan juga bagi orang lain yang ada disekitarnya.

Kondisi layak pakai ban bisa dilihat dari kembang ban, untuk menjaga keamanan pada saat berkendara maka ketika kembang ban sudah habis maka ban harus diganti.

Itulah berita otomotif kali ini seputar beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengecek kondisi ban. Dengan melakukan pengecekan ban maka dipastikan mobil akan nyaman pada saat digunakan berkendaraan dan yang terpentingnya adalah akan terhindar dari resiko kecelakaan.