Penyebab Anak Susah Makan

Melihat si kecil yang ceria, cerdas, aktif dan sehat tentunya akan membuat orang tuanya bahagia. Anak yang sehat adalah anak yang sistem pencernaannya berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan, sehingga ia bisa melahap makanannya dengan baik dan berpengaruh baik juga terhadap tumbuh kembang fisik dan otak anak. Ada sebagian anak yang mengalami masalah kesulitan makan dan kehilangan nafsu makan, sehingga membuat keceriaan merekapun berkurang.

Penyebab Anak Susah Makan
Penyebab Anak Susah Makan

Orang tua pun pasti merasa khawatir dengan keadaan anak yang sulit untuk makan. Untuk mengetahui cara mengatasi anak susah makan, maka bunda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari susahnya makan pada anak.

Hilangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor fisik dan faktor psikis yang ada pada anak. Untuk faktor fisik sendiri meliputi :

  • Terdapatnya gangguan pada sistem pencernaan anak yang membuatnya merasa tidak nyaman sehingga nafsu makannya pun berkurang.
  • Terdapatnya infeksi pada tubuh anak, seperti anak yang sedang mengalami pilek, batuk, demam, dan gangguan lainnya yang membuat anak kehilangan keceriaannya termasuk nafsu makannya.

Cara mengatasi anak susah makan berdasarkan faktor fisik ini, bunda harus menjaga kesehatan si kecil, salah satunya dengan memberikannya makanan yang sehat dan bergizi. Berikan juga susu Dancow untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan si kecil dalam tumbuh kembangnya yang juga bisa menjaga daya tahan tubuh anak terhadap suatu penyakit. Jika si kecil terserang infeksi, maka alangkah baiknya bunda segera memeriksakannya ke dokter agar ia kembali sehat dan ceria.

Sedangkan, untuk faktor psikis yang dapat menyebabkan anak susah untuk makan meliputi :

  • Kondisi rumah tangga yang sedang bermasalah. Hal ini tentunya akan mempengaruhi  kejiwaan anak. Dengan melihat keadaan kedua orang tua yang tidak akur misalnya, maka akan membuat anak merasa tidak nyaman dan dapat menghilangkan nafsu makannya juga.
  • Suasana makan yang kurang menyenangkan. Terkadang anak merasa bosan dengan makanan yang tersedia di meja makan, sehingga membuat anak malas untuk makan dan memilih untuk tidak makan.
  • Anak bisa kehilangan nafsu makan karena dipaksa memakan makanan yang tidak disukainya. Hal itu akan membuat anak kehilangan rasa laparnya dan kehilangan selera makan.

Membuat suasana rumah nyaman bagi anak dan meluangkan waktu untuk makan bersama anak serta menyajikan makanan dengan menu berbeda yang tetap sehat dan bergizi adalah cara yang tepat untuk mengatasi anak susah makan yang disebabkan oleh faktor psikis ini.

Leave a Reply