Kenali Tanda-tanda Kelainan Tulang Belakang Berikut!

Mempunyai tulang belakang yang melengkung alias skoliosis merupakan kondisi yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Bahkan di beberapa kasus, penyakit ini bisa sangat membahayakan lantaran komplikasi yang dibawanya bagi tubuh. Berhubung awal-awal penyakit ini tidak selalu terlihat, tidak sedikit orang yang pada akhirnya tidak mengobati dari awal, dan baru tahu ketika penyakitnya sudah bertambah parah.

Untuk itulah, demi mencegah penyakit tulang belakang ini bertambah parah, Anda perlu mengetahui tanda-tandanya, seperti :

  • Salah satu tulang pinggul terlihat lebih menonjol, meski kadang tidak terlihat dan baru terasa jika diraba, atau ketika mengenakan pakaian. Pinggul kiri dan kanan yang tak sejajar akan membuat celana tidak bisa melekat dengan seimbang.
  • Penderita mempunyai kecenderungan untuk menjadi condong atau miring ke salah satu sisi yang sama terus menerus.
  • Bahu terlihat tidak seimbang, karena satu sisi lebih tinggi. Di beberapa orang, salah satu bahu lebih maju ke depan.
  • Telapak kaki yang tidak rata atau mengarah ke luar.
  • Bagian punggung mempunyai satu sisi yang lebih tinggi atau menonjol.

Deteksi dari sejak dini sangatlah penting untuk mencegah kemiringan semakin parah dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Apalagi bagi anak-anak, yang sangat rentan dalam terkena penyakit ini. Kenalilah gejalanya pada anak Anda :

  • Seperti juga dengan orang dewasa, adanya kemiringan tulang belakang yang cukup terlihat.
  • Terasa nyeri di bagian punggung yang terus berulang-ulang.
  • Tulang belikat, bahu, dan pinggul yang juga menonjol di satu sisi saja.

Begitu Anda merasa sakit di punggung, atau anak Anda mengeluhkan hal tersebut, maka ada baiknya Anda segera pergi ke dokter untuk meminta di-rontgen. Dari hasil rontgen tersebut, akan sangat jelas bagaimana kondisi tulang belakang Anda atau anak. Jika masih belum terlalu parah, masih ada kesempatan untuk bisa meluruskan kembali, apalagi jika penderita skoliosis masih berusia muda. Terapi seperti chiropractic yang dilakukan beberapa klinik seperti Chiroindo akan membantu Anda atau anak untuk bisa membuat otot kembali bekerja dengan normal.

Leave a Reply