Pengertian Keluarga Berencana dan Tujuannya

Pengertian Keluarga Berencana dan Tujuannya – Apa itu pengertian keluarga berencana? KB sendiri ialah sebuah program pemerintah yang memang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan serta jumlah penduduk yang berada di Indonesia. Untuk program keluarga berencana yang dilakukan pemerintah ini agar keluarga yang bertugas sebagai sebuah unit terkecil pada kehidupan bangsa, di harap dapat menerima NJJBS yang lebih berorientasi pada pertumbuhan yang lebih seimbang. Gerakan secara nasional ini sudah berumur kurang lebih 70 tahunan. Perencanaan dari jumlah keluarga ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat kontrasepsi.

Untuk Mengetahui Lebih Jelas Tentang Pengertian Keluarga Berencana Lebih Detail Lagi, Anda Bisa Menyaksikan Video di Bawah Ini :

Setelah membahas pengertian mengenai keluarga berencana, berikut merupakan jenis dari alat kontrasepsi, antara lain:

Baca juga : PENTINGNYA FUNGSI KELUARGA

  • Pil. Untuk pil ini memiliki manfaat tidak mengganggu sebuah hubungan seksual dan dapat di hentikan untuk tiap saat. Risikonya pun juga akan jauh lebih kecil,
  • Suntikan, untuk suntikan, biasanya dilakukan 1 dan 3 bulan. Keuntungan dari alat ini ialah mereka bisa menggunakannya dalam jangka yang panjang,
  • Implan. Implan biasanya di pasang di lengan bagian atas,
  • AKDR. Ia adalah alat kontrasepsi yang di pasang pada bagian rahim. Efek sampingnya juga lebih kecil, dan dalam jangka waktu hingga 5 tahun,
  • Kondom. Untuk kondom di pasang ke penis ketika melakukan hubungan seksual,
  • Tubektomi. Hal ini berguna untuk menghentikan kesuburan perempuan.

Lantas, apa tujuan dari KB ini? tujuannya secara umum ialah meningkatkan kesehatan antara ibu serta anak yang menjadi dasar dari masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran. Untuk tujuan secara khusus berguna untuk meningkatkan jumlah penduduk yang mempergunakan alat kontrasepsi, menurunkan angka kelahiran bayi, hingga meningkatkan kesehatan keluarga.

Pasti Anda banyak mendengar pengertian keluarga berencana yang biasanya sering dikumandangkan oleh pemerintah. Sekarang ini pemerintah memang sedang menggencarkan pengendalian keluarga. Salah satu tantangan yang dimiliki oleh pemerintah ialah kurang pahamnya masyarakat tentang sosialisasi ini. Mereka masih menganggap pemikiran di jaman dahulu yang berarti memiliki banyak anak memiliki banyak rejeki. Padahal, dengan mengendalikan kelahiran, sebuah keluarga bisa menjamin anggotanya lebih baik.

Mungkin Anda sering sekali mendengar pengertian keluarga berencana di berbagai macam sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah. Mungkin istilah Keluarga Berencana atau KB sudah sering sekali Anda dengar. KB bisa di bilang mengatur jumlah keturunan sesuai dengan keinginan Anda, cara ini juga dilakukan oleh pemerintah guna menekan laju pertumbuhan yang kian membuncah di Indonesia. Jika Anda memutuskan untuk tidak hamil dahulu setelah menikah, Anda dapat mencoba berbagai macam metode pencegahan kehamilan.

Pengertian mengenai keluarga berencana sendiri sudah sering didengungkan, namun ada banyak keluarga yang belum mengetahui secara jelas. Sebenarnya tidak salah seorang pun yang bisa memaksa Anda untuk mengikuti program KB ini. Pemasangan memang memiliki berbagai macam risiko, sehingga di harapkan pemasangan ini sesuai dengan kemauan Anda.

Pada masa kehamilan, KB sendiri bisa mencegah berbagai macam bahaya yang dikarenakan:

  1. Kehamilan yang terlalu dini. Perempuan yang telah hamil saat umurnya belum mencapai 17 tahun bisa terancam kematian saat bersalin. Mengapa bisa begitu, hal ini dikarenakan tubuhnya belum sepenuhnya tumbuh, bahkan belum matang untuk dilewati bayi,
  2. Kehamilan yang terlalu terlambat. Jika umur dari sang ibu sudah terlalu tua terlebih memiliki berbagai macam masalah kesehatan lain, kehamilan yang terlalu berdesakan juga akan menyebabkan penurunan kesehatan. Oleh sebab itu waktu kehamilan harus bisa diatur dengan baik.

Berikut ini berbagai macam metode dari KB, antara lain:

  • Metode perintang. Hal ini dilakukan dengan menghalangi sperma agar tidak bisa bertemu dengan sel telur,
  • Metode hormonal. Metode ini berguna untuk mencegah indung mengeluarkan sel telur serta mempersulit pembuahan,
  • Metode alamiah. Metode ini dengan mengetahui masa subur Anda,
  • Metode permanen. Untuk yang satu ini dilakukan dengan pembedahan.

Di jaman yang serba modern ini, di harapkan masyarakat lebih mengetahui pengertian keluarga berencana, selain mengetahui pengertian di harapkan masyarakat juga lebih paham tentang pentingnya KB bagi kehidupan perekonomian mereka. Tentu saja, masyarakat yang memiliki jumlah keturunan seperti yang dikumandangkan pemerintah, akan lebih maksimal pertumbuhan ekonominya.

Leave a Reply