Printer Jenis Apa yang Anda Butuhkan?

Printer merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang cukup penting untuk berbagai pekerjaan, terutama dengan hal yang berhubungan dengan cetak mencetak dokumen hingga gambar. Sebuah percetakan tentunya sangat membutuhkan printer dengan ukuran, jenis, dan kehebatan tertentu sehingga percetakan harus menggunakan printer dengan kualitas terbaik. namun, bagaimana dengan anda? mungkin saat ini anda sedang melihat – lihat printer di sebuah toko dan anda sedang bingung untuk memilih printer ink jet atau laser. Nah, sebelum membuat keputusan dalam memilih printer terbaik, anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsi printer laser maupaun ink jet.

Secara umum, fungsi printer laser maupun printer ink jet adalah untuk mencetak dokumen dan gambar. Namun, yang membedakan keduanya adalah bukan hanya dari segi harga saja dimana printer laser relatif lebih mahal dibanding ink jet. Printer laser menggunakan toner yang bersifat kering, sementara printer ink jet menggunakan tinta yang bersifat basah. Kualitas hasil cetakan pun bisa relatif berbeda.

Nah, sebagai pertimbangan awal, perhatikanlah berapa banyak budget yang anda miliki. Jika anda ounya budget yang cukup besar, tidak ada salahnya jika anda memilih printer dengan kualitas terbak yang juga dilengkapi dengan fungsi lainnya, seperti fotocopy, scan, dan sebagainya. berikutnya, pertimbangkan untuk apa anda menggunakan printer. Jika anda hanya akan menggunakan printer untuk mencetak dokumen tugas sekolah atau perkantoran biasa, maka anda tidak perlu memilih printer berresolusi tinggi. Sedangkan, berbeda cerita jika anda menggunakan printer untuk keperluan percetakan desain grafis atau foto yang memang memerlukan kualitas hasil cetakan terbaik.

Untuk lebih menghemat biaya, anda bisa menggunakan printer ink jet dari pada laser. Namun, penggunaan tinta yang bisa mengering pada printer ink jet tentu menjadi salah satu masalah, dimana kinerja printer bisa saja terganggu. Berbeda dengan printer laser yang memiliki toner kering sehingga printer relatif tetap aman meski tidak dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama.

Nah, kini anda sudah bisa membuat keputusan, jenis printer mana yang akan anda gunakan untuk menunjang kebutuhan anda?

Leave a Reply