CARA MEMIJAT BAYI YANG BENAR

            Kelahiran seorang bayi sangat ditunggu oleh kedua pasangan yang baru menikah atau pasangan muda. Dengan hadirnya bayai akan membuat lengkap keluarga kecilnya. Bayi yang lahir tentu berharap dalam keadaan sehat dan sempurna. Semua orang tua menginginkan bayi yang sehat dan nornal serta istri yang melahirkan dalam keadaan selamat dan sehat. Pertumbuhan dan perkembangan bayi yang normal adalah tugas kita sebagai orang tua. Jika kita merawatnya dengan benar maka akan membuat bayi yang kita cintai akan tumbuh dan berkembang secara normal. Untuk pasangan muda yang belum berpengalaman merawat seorang bayi, sebaiknya bertanya terhadap mereka yang telah berpengalaman cara merawat bayi dengan benar. Merawat bayi dengan cara yang salah akan berdampak buruk untuk perkembangan bayi tersebut.

            Dengan cara merawat bayi dengan benar akan membuat bayi anda tetap sehat dan tidak akan mudah terserang penyakit. Bayi jika sehat harus dipijat dengan lembut agar peredaran darah bayi lancar dan bisa melancarkan getah bening. Selain bisa melancarkan peredaran darah, memijat bayi dengan lembut juga bisa menciptakan efek stimulasi dan relaksasi. Dengan pijatan yang lembut oleh seorang bunda maka bayi tidak akan mudah terserang penyakit. Pijat bayi bisa dilakukan ketika bayi baru lahir hingga usia sekitar 8 tahun. Untuk memijat bayi haruslah banyak faktor yang diperhatikan, sebab memijat bayi dengan memijat orang dewasa sangat berbeda sekali.

            Pertumbuhan dan perkembangan bayi tergantung orang tua yang merawatnya. Hal yang harus diperhatikan ketika memijat bayi adalah sebagai berikut. Pertama harus tali pusarnya lepas. Jika tali pusarnya belum lepas kita tidak boleh memijat bayi. Kedua, memijat bayi sebaiknya dilakukan sebelum memandikan bayi. Ketika memijat harus menggunakan oil atau minyak khusus untuk bayi. Ketiga yaitu Jangan memijat bayi ketika bayi tidak dalam keadaan baik atau sehat. Keempat ketika kita ingin memijat bayi yang baru lahir maka jangan terlalu lama. Cukup sekita tiga menit saja, kecuali jika umurnya telah bertambah yaitu sekitar 1 atau 2 bulan baru bisa ditambah waktu memijatnya.

Leave a Reply