Penyebab Radang Tenggorokan

Salah satu gejala yang dapat terjadi pada tubuh adalah radang tenggorokan. Sesuai dengan namanya, ini adalah gejala yang terjadi pada bagian tenggorokan. Radang di tenggorokan disebut juga dengan pharyngtis yang merupakan penyakit atau peradangan yang terjadi pada bagian batang tenggorokan. Penyakit ini ditandai dengan membengkaknya atau penebalan dinding tenggorokan dan juga beberapa gejala lainnya seperti bintik putih, tenggorokan menjadi kemerahan, dan dapat juga terasa sakit ketika menelan sesuatu. Radang pada tenggorokan memang bukan suatu penyakit yang berbahaya. Namun, tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat diri menjadi tidak nyaman. Radang pada bagian tenggorokan biasanya bisa juga disertai dengan demam atau peningkatan suhu tubuh.

Radang pada tenggorokan dibagi kedalam beberapa fase gejala, yaitu akut, subkronik, dan kronik. Kita mulai dulu dari fase pertama yaitu akut. Ini adalah fase awal yang terjadi dalam waktu kurang dari dua minggu setelah terkena radang pada bagian tenggorokan. Pada umumnya, ada beberapa hal yang dapat dialami ketika masuk pada fase ini, seperti batuk, tubuh menjadi demam, lendir atau suatu cairan bening. Warna bagian dalam tenggorokan menjadi lebih merah juga menjadi ciri radang awal radang di tenggorokan seperti yang telah dijelaskan diatas. Jika diatasi dengan segera atau dibiarkan saja, maka radang pada tenggorokan bisa memasuki fase subkronik. Pada fase kedua ini terdapat suatu cairan keruh pada tenggorokan dan tenggorokan menjadi bengkak atau membesar. Kemudian fase yang berbahaya adalah fase kronik.

Fase kronik pada penyakit radang tenggorokan ini adalah yang terparah dan terjadi ketika radang pada tenggorokan berlangsung lebih dari 3 bulan sejak awal terjangkitnya. Gejala pada fase ini adalah rasa gatal pada bagian tenggorokan, adanya lendir yang susah untuk dikeluarkan, dan juga tenggorokan terasa kering, serta batuk yang semakin sering terjadi. Nah, itu tadi beberapa gejala radang yang terjadi pada tenggorokan. Jadi pada intinya adalah ketika tenggorokan terasa sakit atau mengalami batuk-batuk disertai rasa nyeri, sebaiknya jangan dihiraukan karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala adanya gangguan pada gejala radang pada tenggorokan.

Leave a Reply