Makanan Untuk Penurun Kadar Gula Dalam Darah

Dengan sumber daya alam yang sangat luar biasa Indonesia kaya akan berbagai macam jenis tumbuhan dengan berbagai khasiat untuk kesehatan, beberapa kandungan yang ada di dalamnya mampu menjadi obat berbagai penyakit yang di derita manusia. Gaya hidup yang sehat tentunya akan membuat seseorang jauh lebih sehat dibandingkan dengan gaya hidup sebaliknya. Makanan untuk gula darah ini banyak sekali jenisnya dan anda akan sangat menikmati khasiat dari beberapa makanan tersebut.

Satu hal yang penting bagi penderita diabetes adalah mengontrol tingkat gula dalam darah mereka. Untuk melakukannya, penderita diabetes tak harus menjalani diet ketat. Cukup pilih makanan yang bisa menurunkan tingkat gula dalam darah, seperti delapan makanan untuk gula darah ini yang bisa anda coba dirumah :
1. Alpukat
Alpukat kaya akan serat yang memperlambat sistem pencernaan dan mencegah kadar gula dalam darah meningkat terlalu cepat. Buah ini juga mengandung lemak baik. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya karena alpukat juga mengandung kalori tinggi.
2. Buncis
Buncis dan kacang-kacangan mengandung sedikit lemak, kaya protein, dan dikemas dengan serat. Anda bisa memasak menggunakan variasi kacang-kacangan seperti buncis, lentil, kacang merah, dan lainnya.
3. Kayu manis
Kayu manis diketahui mampu meningkatkan kemampuan insulin untuk merespon glukosa. Ini akan membantu menurunkan tingkat gula darah dan menurunkan kolesterol jahat.
4. Ikan
Ikan yang kaya omega-3 seperti salmon, sarden, herring, makarel, dan lainnya sangat baik untuk kesehatan jantung dan seluruh tubuh. Semua jenis ikan rendah lemak dan rendah kolesterol.
5. Kacang
Kacang seperti almond, pecan, walnut, dan peanut kaya akan serat dan mengandung lemak sehat. PIlih kacang yang tidak mengandung banyak garam dan jangan konsumsi terlalu banyak karena kacang mengandung tinggi kalori. Mengonsumsi kacang tak hanya membuat Anda cepat kenyang tetapi juga mengontrol tingkat gula darah Anda.
6. Oatmeal
Makanan yang kaya serat lainnya adalah oatmeal. Oatmeal membantu Anda mengontrol tingkat gula darah agar tetap stabil karena mereka melepaskan energi secara perlahan.
7. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung serat lebih banyak dibandingkan kentang. Karena itu ubi jalar mampu menurunkan lebih banyak kadar gula dalam darah.
8. Sayuran
Sayuran segar rendah lemak dan kalori, serta kaya akan serat dan cairan. Sayuran juga membantu Anda lebih mudah kenyang dan tidak menyebabkan tingkat gula dalam darah melonjak.

Itulah delapan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

Leave a Reply