Mencegah & Mengatasi penyebab penyakit diare

Peyakit diare adalah suatu kondisi dimana seseorang mengeluarkan fases yang encer dengan frekuensi yang berlebih dibandingkan dengan biasanya. Penyakit diare biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri maupun kuman. Mengatasi gejala penyakit diare sangat dibutuhkan, karena penyakit diare dapat berdampak fatal apabila penderita sampai mengalami dehidrasi akibat dari kehilangan banyak cairan. Penyebab dari penyakit diare ini adalah karena infeksi usu karena konsumsi makanan dan minuman yang kotor dan terkontaminasi oelh beberapa mikroorganisme seperti bakteri, kuman, parasit, virus norovirus dan juga virus rotavirus. Selain itu penyebab lain dari penyakit diare adalah akibat dari efek samping dari obat tertentu yang dikonsumsi, mengkonsumsi alkohol dan kopi secara berlebihan.

Umumnya mengatasi gejala penyakit diare dapat dilakukan bergantung pada penyebab yang dialami oleh penderitanya. Biasanya penderita penyakit diare hanya mengalami sakit perut, rasa mulas yang berlebihan dan fases yang dikeluarkan encer. Namun apabila penderita penyakit diare mengalami kram perut, demam, mual hingga muntah, maka sebaiknya segera bawa penderita ke dokter atau rumah sakit agar mendapatkan penanganan medis. Penyakit diare yang parah dapat mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi berkonsekuensi yang fatal dan berpotensi dapat merenggurt nyawa penderitanya. Pada sebagian besar seseorang yang mengalami penyakit diare akan sembuh tanapa melakukan pengobatan dalam beberapa hari saja. Akan tetapi apabila penderita penyakit diare yang parah sangat diperlukan pengobatan ke dokter.

Penyakit diare dapat berdampak dan berpotensi mneyebar terhadap anggota keluarga yang tinggal dalalm satu rumah. Oleh sebab itu di butuhkan cara mengatasi gejala penyakit diare agar dapat dilakukan pencegahan sejak dini.

  • Mencuci tangan dengan lifebouy sebelum dan sesudah makan
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang tidak bersih dan higenis
  • Mengkonsumsi makanan – makanan sehat dan berasal dari bahan – bahan yang masih segar
  • Menyimpan makanan atau minuman didalam kulkas
  • Mencuci tangan setelah dari toilet
  • Membersihkan toilet dengan menggunakan disifektan setiap setelah buang air kecil maupun besar
  • Dan lain – lalin.

 

Leave a Reply