Reksadana adalah jenis investasi yang paling populer untuk investor sehari-hari. Mengapa? Karena merupakan investasi sederhana untuk dipahami dan mudah digunakan. Reksadana sebenarnya adalah investasi yang jenis pekerjaannya seperti membeli saham di perusahaan. Investor membeli saham ke dalam reksa dana. Yang pada gilirannya memberi klaim atas aset dana (keuntungan dari investasi yang dihasilkan oleh reksa dana).

Jadi, nilai reksa dana bergantung pada nilai portofolionya (atau koleksi sekuritas). Apa itu reksa dana adalah keamanan investasi yang memungkinkan investor menyatukan uang menjadi satu investasi yang dikelola secara profesional. Reksadana dapat berinvestasi dalam saham, obligasi atau deposito.

Apa itu reksa dana
Apa itu reksa dana

Jenis keamanan yang mendasarinya disebut kepemilikan, bergabung untuk membentuk satu reksa dana juga disebut portofolio. Untuk berinvestasi, anda biasanya dapat membeli ke dalam reksa dana melalui perusahaan reksa dana, bank, atau perusahaan pialang (mirip dengan saham).

Selain itu, anda perlu memutuskan apakah menginginkan untuk berinvestasi dalam dana yang dimuat atau yang tidak memuat (yang berarti anda akan membayar komisi atau tidak). Tetapi terlepas dari apakah anda berinvestasi dalam dana tanpa beban, anda masih akan membayar sejumlah biaya, jadi pastikan untuk memperhitungkannya ketika memutuskan.

Apa itu Reksa Dana?

Gunakan Salah Satu Perusahaan Reksa Dana Tanpa Beban Terbaik

Di sini diasumsikan bahwa anda tidak akan berhenti hanya dengan satu reksa dana dan tujuan investasi jangka panjang (lebih dari lima tahun). Oleh karena itu anda akan ingin mempertimbangkan perusahaan reksadana KlikMAMI terbaik tanpa beban yang memiliki beragam kategori dan jenis reksa dana karena perlu untuk terus membangun portofolio reksa dana untuk diversifikasi. 

Buat semuanya tetap sederhana dan pastikan untuk tidak terlalu memikirkan atau menganalisis reksa dana secara berlebihan. Terkadang memulai adalah ide terbaik. Detailnya bisa dikerjakan sendiri nanti. Menunggu terlalu lama untuk berinvestasi akan mulai merusak tujuan investasi anda. Semoga dengan artikel ini anda bisa mengetahui apa itu reksa dana.