penyebab bayi kuning
penyebab bayi kuning

Bayi kuning atau secara medis disebut jaundice merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada bayi baru lahir. Biasanya bayi mengalami penyakit kuning ketika berusia 2-3 hari. Bahkan ada juga yang mengalaminya sebelum satu hari lahir ke dunia. Jangan terlalu cemas dan khawatir mengenai masalah kesehatan satu ini. Kenali gejala dan penyebab bayi kuning agar bisa melakukan penanganan yang tepat.

Gejala Penyakit Bayi Kuning

Gejala dari penyakit bayi kuning cukup terlihat, berikut di antaranya:

  • Kulit bayi menjadi kuning seperti wajah, tangan, kaki, dada, dan lain sebagainya.
  • Bagian lengan dan perut bayi akan terlihat kuning setelah ditekan lembut.
  • Warna putih pada mata bayi juga ikut kuning.
  • Berat badan tidak bertambah.
  • Tidak bersemangat untuk menyusu.
  • Feses berwarna pucat.
  • Mudah rewel dan gelisah.
  • Tangisan bernada tinggi.

Faktor Penyebab Penyakit Bayi Kuning

Bayi kuning disebabkan oleh kandungan bilirubin (pigmen kuning) yang tinggi di dalam sel darah. Setidaknya ada empat faktor utama yang bisa meningkatkan resikonya yaitu:

  1. Bayi lahir secara prematur

Bayi yang lahir secara prematur belum memiliki organ hati yang sempurna. Padahal organ hati itulah yang berfungsi menghilangkan bilirubin di dalam darah.

penyebab bayi kuning
  1. Terjadi infeksi

Faktor penyebab penyakit bayi kuning selanjutnya adalah infeksi yang mungkin terjadi pada bayi. Selain itu, kekurangan enzim dan masalah sistem pencernaan juga meningkatkan bilirubin.

  1. Golongan darah bayi tidak sama dengan ibu

Perbedaan golongan darah bayi dengan ibu membuat tubuh ibu menghasilkan antibodi untuk melawan sel darah merah bayi. Akibatnya, terjadi penumpukan bilirubin.

  1. Kurang cairan atau ASI

Penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir yang terakhir adalah kekurangan cairan atau ASI (Air Susu Ibu). Pasalnya kadar bilirubin meningkat saat bayi kekurangan cairan.

Itulah pembahasan yang bisa diberikan mengenai gejala dan penyebab bayi kuning. Untuk menjaga Si Kecil tidak semakin rewel saat mengalami penyakit kuning, Anda harus memilihkan popok yang tepat. Popok yang salah bisa memicu iritasi dan ruam yang menambah masalah Anda. 

Rekomendasi popok terbaik yang bisa Anda berikan pada Si Kecil adalah MAKUKU SAP Diapers. Tersedia tiga tipe yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim, Comfort, dan Pro Care. Ketiganya menawarkan ukuran NB untuk bayi baru lahir. Dapatkan popok secara online maupun offline di toko langganan Anda.