cincin tunangan
cincin tunangan

Cincin merupakan simbol cinta dari pasangan yang akan bertunangan. Nantinya memang akan digantikan oleh cincin nikah, namun pemilihan cincin tunangan harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya cincin tidak hanya menjadi simbol cinta melainkan juga menjadi doa. Salah satunya ketika memilih batu permata yang tersemat di cincin. Setiap batu permata memiliki makna yang akan menjadi doa untuk Anda dan pasangan. Berikut ini adalah makna pada setiap warna batu permata:

Warna Putih

Warna putih merupakan warna yang paling sering dipilih oleh pasangan yang akan bertunangan. Kebanyakan orang menghubungkan warna putih dengan salju dan cahaya. Putih mampu mendeskripsikan kesungguhan, kemurnian, ketulusan, serta kesucian. Pada cincin pertunangan, warna putih adalah awal kesuksesan bagi hubungan dua insan. Sebagian besar batu permata berwarna putih yang digunakan adalah berlian.

Warna Merah Muda

Warna kedua yang sering disematkan pada cincin adalah warna merah muda. Merah muda atau pink seringkali dikaitkan dengan sifat feminin seorang wanita. Tidak heran jika akhirnya warna merah mudah menggambarkan aura kecantikan. Selain itu, warna ini juga memiliki makna cinta tak bersyarat dan pengertian. Pasangan yang bertunangan harus melindungi cinta yang terjalin.

cincin tunangan

Warna Hitam

Beberapa pasangan menginginkan cincin tunangan yang tak biasa sehingga memilih batu permata berwarna hitam. Selain itu, cincin permata hitam juga bersifat unisex, artinya cocok digunakan oleh pria dan wanita. Warna hitam sendiri memiliki makna kedalaman karakter. Memilih batu berwarna hitam membuat dua orang bisa merasakan kekuatan masing-masing dalam hubungan yang terjalin.

Warna Merah

Batu permata merah yang biasanya dipilih untuk cincin pertunangan adalah ruby. Warna merah sendiri menjadi simbol gairah, kebahagiaan, dan cinta. Bukan hanya itu saja, warna merah juga simbol sempurna bagi sebuah hubungan. Cincin dengan batu berwarna tampak menonjol. Hal tersebut membuat orang yang memakainya merasa istimewa.

Warna Biru 

Batu safir biru merupakan batu permata berwarna biru yang paling populer untuk cincin tunangan. Pasalnya berlian biru termasuk batu langka yang harganya tentu saja sangat mahal. Semua orang menganggap warna biru melambangkan sifat royal. Bukan hanya itu saja, warna biru juga memiliki makna kedamaian dan ketenangan. Semua pasangan yang bertunangan diharapkan memiliki kehidupan yang harmonis, saling menghargai, dan memiliki komunikasi lancar.

Warna Hijau

Makna dari batu berwarna hijau adalah kekal atau selamanya. Selain itu, hijau juga bermakna alam, kesuburan, dan kesejahteraan. Pasangan yang menggunakan cincin berwarna hijau diharapkan bisa mendapatkan rezeki yang melimpah serta memiliki banyak ide baru menyegarkan. Emerald atau zamrud merupakan batu berwarna hijau yang paling populer. Selain itu, ada batu hijau lain seperti safir, apatite, jade, dan lain-lain.

Warna Ungu

Warna batu permata terakhir yang sering disematkan pada cincin pertunangan adalah ungu. Makna dari warna ungu yaitu mengurangi emosi negatif dan menumbuhkan ketenangan. Menggunakan cincin warna ungu membuat pasangan lebih dewasa dan tenang dalam menghadapi semua masalah. Batu berwarna ungu yang paling populer adalah kecubung atau amethyst.

Itulah pembahasan mengenai makna dari setiap warna batu permata di cincin tunangan. The Palace menawarkan cincin dengan warna batu permata yang beragam. Warna yang paling populer adalah putih dari berlian. Selain itu ada warna lain seperti biru dari safir, hijau dari zamrud, dan merah dari ruby. Jika menginginkan cincin couple, brand di bawah PT Central Mega Kencana (CMK) ini juga menawarkan. Lihat koleksi cincin-cincin menawannya melalui website www.thepalacejeweler.com