bonding adalah

Bermain bersama merupakan salah satu aktivitas terbaik untuk meningkatkan bonding dengan Si Kecil. Pasalnya bermain menjadi aktivitas yang paling disukai anak-anak. Bonding adalah ikatan emosional yang bisa dibangun dengan banyak hal. Termasuk melakukan permainan-permainan seru bersama. 

Ketika bonding anak dan orang tua kuat, maka mereka akan lebih percaya diri dan merasa aman. Berikut ini rekomendasi 5 permainan seru yang bisa membantu meningkatkan bonding:

Puzzle

Ide permainan pertama yang bisa Anda mainkan dengan Si Kecil untuk membangun bonding yaitu puzzle. Anda dan Si Kecil bisa meningkatkan kerja sama saat membangun puzzle. Selain itu, puzzle juga bermanfaat untuk melatih kesabaran, ketelitian, dan kemampuan motorik.

Permainan Mencari Harta Karun

Cara bermainnya yaitu menyembunyikan harta karun atau barang tertentu di suatu tempat. Setelah itu, ajak Si Kecil untuk mencarinya dengan clue yang Anda berikan. Permainan ini tidak hanya meningkatkan bonding, namun juga bisa membantu anak mengasah cara berpikir dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Petak Umpet

Petak umpet merupakan permainan sederhana yang sudah ada dan dimainkan anak-anak sejak lama. Anda bisa mengajak Si Kecil petak umpet di dalam rumah. Permainan petak umpet membantu anak berpikir untuk menemukan tempat yang aman. Sebelum itu, pastikan memberikan pengertian pada anak agar menghindari tempat berbahaya.

Bermain Board Game

bonding adalah

Board game juga termasuk permainan seru yang bisa Anda lakukan untuk membangun bonding dengan anak. Contoh board game yang paling populer adalah ular tangga dan monopoli. Dengan bermain board game, Si Kecil bisa belajar mengasah kemampuan strateginya.

Tebak Kata

Permainan simple dan seru terakhir yang bisa meningkatkan bonding yaitu tebak kata. Jika Si Kecil sudah mulai usia pra sekolah, Anda bisa mengajak bermain tebak kata. Cara mainnya yaitu memperagakan kata tertentu, lalu anak disuruh untuk menebaknya. Lakukan secara bergantian agar lebih seru. Tebak kata juga bisa membantu anak melatih imajinasinya. 

Itulah 5 permainan seru yang bisa membantu meningkatkan bonding antara Anda dengan anak. Bonding adalah modal penting bagi Si Kecil dalam bertumbuh dan berkembang. Berikan kasih sayang dan perasaan cinta yang kuat agar Si Kecil tumbuh dengan baik. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan makanan bergizi dan Blackmores Koalakids.