mata pegal
mata pegal

Apakah kamu pernah merasa mata lelah dan pegal? Hal tersebut biasa terjadi pada banyak orang. Mata pegal dan lelah adalah salah satu tanda masalah mata yang harus segera kamu atasi. Pasalnya, terkadang mata lelah dan pegal sering diikuti dengan kepala pusing. Sebenarnya, apa penyebabnya? Simak di sini!

4 Penyebab Mata Pegal dan Lelah 

Inilah berbagai penyebab matamu bisa pegal dan lelah:

1. Membaca Terlalu Lama dan Minim Cahaya

Penyebab yang pertama yaitu membaca terlalu lama di ruangan yang minim cahaya atau remang. Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang harus segera kamu hentikan karena bisa menyebabkan mata terasa pegal. Saat membaca di ruangan minim cahaya, maka otot mata akan bekerja ekstra untuk membaca teks sehingga membuat mata cepat lelah.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Bukan hanya membaca buku saja, terlalu lama menatap layar gadget juga bisa membuat mata cepat pegal dan lelah. Hampir sama, mata yang menatap layar gadget akan bekerja secara ekstra untuk melihat gambar atau teks. Apalagi ada paparan sinar gadget yang bisa membuat mata kering, lalu menjadi pegal.

3. Paparan Angin Langsung dari AC atau Kipas Angin

Ruangan yang suhunya dingin memang lebih nyaman untuk bekerja atau melakukan aktivitas. Tapi, paparan angin dari AC maupun kipas angin secara langsung menjadi salah satu penyebab mata terasa pegal. Apalagi jika anginnya langsung mengarah ke mata, maka akan membuat mata jadi kering.

4. Stres dan Lelah

Lelah secara fisik setelah melakukan aktivitas juga bisa menyebabkan mata menjadi pegal. Memang belum ada penjelasan pasti mengenai keterkaitan antara stres, lelah, dan mata yang pegal. Akan tetapi sebagian besar orang yang kelelahan lebih sulit memfokuskan penglihatan sehingga membuat mata cepat lelah dan pegal.

Itulah penyebab mata pegal dan lelah yang perlu kamu ketahui. Obat tetes mata dengan kandungan hydroxypropyl methylcellulose bisa membantu mengurangi rasa pegal. Insto Dry Eyes adalah salah satu obat tetes mata yang mengandung produk tersebut. Gunakan secara rutin sesuai anjuran pakai agar gejala mata yang pegal bisa segera reda.