anak-susah-bab
anak-susah-bab

Pada dasarnya semua orang tua pasti sayang terhadap anaknya dan tidak mau anaknya terserang dengan penyakit, tapi yang sering di alami di lapangan anak sering terserang dengan masalah  susah  buang  air besar,  karena itu merupakan penghambat segala aktivitas orang tua, yang tadinya harus pergi bekerja karena anaknya terserang dengan penyakit akhir nya orang tua mengurus anaknya, orang tua harus mengetahui kronologi anak susah bab, ini ada beberapa penyebab  susah buang air besar pada anak di antaranya yaitu :

  1.  Pada bayi  baru berumur  hingga usia 4 -6 bulan , tidak mengeluarkan kotoran dan kesulitan untuk  buang air besar ini merupakan salah satu pertanda adanya penyakit hirschprung pada penyakit ini usus besar tidak dapat bergerak karena tidak adanya sel sel saraf pada suatu bagian tertentu usus besar.
  2.  Pada bayi usia sampai 1 tahun konstipasi dapat disebabkan karena perubahan makanan, seperti perubahan dari ASI ke susu formula, penambahan MPAS dan perkenalan terhadap makanan yang lebih padat.
  3.   Pada anak usia 1 -3 tahun, sulit buang air besar dapat di sebabkan karena kurangnya asupan cairan, belum terbentuknya kebiasaan untuk buang air besar yang teratur dan adanya gangguan pada daerah bokong seperti penyakit ruam pokok, yang di mana akan menyebabkan  terhambatnya pembuangan buang air besar.
  4.   Pada anak usia sekolah, konstipasi dapat di sebabkan karena perubahan pola buang air besar. Anak yang sudah mulai sekolah biasanya enggan untuk buang air besar di sekolah sehingga cenderung menahan buang air besar yang mengakibatkan kotoran menjadi menggumpal keras dan sulit untuk di keluarkan,  begitupun makanan berserat sangatlah berpengaruh untuk terjadi anak susah bab.

Itulah bebrapa penyebab anak susah bab,  untuk para orang tua haru lebih berhati hati dan  memberikan pola makanan yang sehat  serta memberikannya nutrisi yang terbaik bagi pencernaan, nutrisi  yang cocok bagi anak pilihlah susu dencow menjadi pilihannya untuk dijadikan bahan pertimbangan.