4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak
4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak

Setiap orang tua tentu sangat senang jika melihat si buah hati selalu aktif dan sehat sehingga dapat bermain dengan ceria bersama teman-temannya. Oleh sebab itu Bunda harus selalu menjaga kesehatan anak agar mereka selalu ceria dan bahagia. Banyak sekali bibit penyakit yang dapat mengancam kesehatan si buah hati mulai dari diare, demam, tifus, dan masih banyak lainnya. Bagaimana cara menjaga kesehatan si kecil? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga si kecil tetap sehat dan ceria :

1. Penuhi Asupan Nutrisi Yang Sehat

Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan sehat untuk menunjang pertumbuhannya, selain itu juga untuk menjaga kesehatan si kecil. Asupan nutrisi yang tepat yaitu dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, sayuran, buah, daging atau ikan, dan susu segar. Namun sebagian besar anak-anak susah untuk makan terutama makan sayuran, jadi Bunda harus lebih kreatif menyajikan menu makanan yang menarik dan sehat untuk si kecil.

2. Menjaga Kebersihan Tubuh Dan Lingkungan

Tubuh dan lingkungan yang kotor dapat menjadi sarang bibit penyakit yang dapat menyerang anak-anak. Bunda harus membiasakan si kecil hidup bersih yaitu dengan melatih mencuci tangan sebelum makan, mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan Zwitsal, mengganti pakaian yang kotor, menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, memotong kuku yang panjang, dan lainnya. Semua kebiasaan ini akan membentuk si kecil manjadi pribadi yang peduli dengan kebersihan.

4. Istirahat Dengan Cukup

Setelah melakukan segudang aktivitas harian mulai dari bermain dan belajar maka si kecil mambutuhkan waktu istirahat atau tidur yang cukup untuk merefresh otak  dan menjadikannya lebih segar. Idealnya anak-anak membutuhkan waktu tidur atau istirahat selama 8 jam perhari.

5. Mengambil Tindakan Pertolongan Pertama

Jika si kecil terserang penyakit maka Bunda harus segera melakukan tindakan pertolongan pertama dan tidak perlu panik. Pertolongan pertama dapat meringankan sakit si kecil dan setelah itu segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan yang baik.

Itulah beberapa tips untuk menjaga anak agar tetap sehat dan ceria sepanjang hari serta jauh dari berbagai jenis penyakit.