cara menghitung usia kehamilan

Usia kehamilan umumnya dapat ditentukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menghitung manual atau secara tebak-tebakan sejak ditentukannya melalui alat test kehamilan. Namun yang biasanya sering terjadi adalah usia kandungan akan dihitung semenjak berhentinya haid atau menstruasi.

Karena dengan perhitungan tersebut sebagai cara menghitung usia kehamilan yang tepat dan akurat kedepannya. Selain itu juga, para dokter dan ahli kesehatan lainnya termasuk bidan lebih sering menggunakan hitungan minggu pada usia kehamilan daripada hitungan menggunakan bulan.

Hal ini dinilai karena hitungan minggu bisa membuat perkiraan dokter atau bidan lebih gampang menilai dan menentukan usia perkembangan kehamilan menjadi lebih akurat.

Perkembangan Kehamilan Minggu Ke-15 Atau Trimester Pertama.

Perkembangan Janin dari minggu ke minggu tentunya menjadi tantangan sendiri bagi Ibu hamil karena di minggu atau bulan pertama biasanya merupakan tanda-tanda kehamilan sehingga berbagai resiko pun dialami oleh Ibu hamil seperti rasa mual, muntah dan pusing.

Hal tersebut biasanya akan dialami dengan berbagai perasaaan seperti lemas, letih lesu hingga berakhir masa kehamilan trimester pertama. Namun selain itu, pada awal usia hamil 4 bulan atau mulainya masuk trimester ke dua perkembangan Janin pun mulai tumbuh dengan ukuran Janin kurang lebih 13 cm dan berat sekitar 140 gram.

Di trimester dua akan mengalami perkembangan yaitu tempurung kepalanya yang mulai terbentuk dari tulang rawan dan mulai mengeras serta saraf tulang belakangnya mulai terselubungi lapisan pelindung bernama myelin dan Kelenjar keringat juga mulai berkembang di seluruh tubuhnya.

Talipusatnya yang menjadi saluran sumber makanannya juga akan kian menguat dan membesar. Selain itu pada minggu ke-15 atau awal bulan ke 4 Janin akan mengalami perkembangan dari bulu-bulunya yang halus dan berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh Janin mulai tumbuh.

Itulah perkembangan Janin di usia kehamilan 15 minggu atau trimester pertama, yang mana dalam usia kehamilan ini merupakan tAnda-tAnda dan perkembangan Janin yang masih labil, sehingga segala kondisi dan kesiapan tubuh Ibu hamil harus selalu terjaga dan siap menjalani kehamilan sesuai perkembangannya sejak ditentukannya kehamilan melalui cara menghitung usia kehamilan Anda.

Dunia mamy akan memberikan Anda beberapa tips dan trik seputar dunia kehamilan untuk mamy. Kunjungi websitenya sekarang juga !!.