Agar uang kamu tidak terbuang begitu saja, maka kamu perlu menabung. Menabung sangat penting agar kamu memiliki pegangan uang saat membutuhkan dana darurat. Hal ini juga berlaku bagi siswa-siswi di sekolah boarding school terbaik seperti SMA Dwiwarna Boarding School. Ketika kamu memutuskan untuk sekolah di boarding school, maka mau tidak mau kamu harus pintar dalam mengatur keuangan. Kamu harus melakukannya serba sendiri tanpa bantuan dari orang tua.

Masalah keuangan biasanya selalu menjadi kendala bagi siswa-siswi yang bersekolah asrama. Jatah uang jajan yang diberikan orang tua biasanya habis lebih awal sebelum akhir bulan. Hal tersebut tentu membuat kamu kesulitan sehingga mau tak mau kamu terpaksa berhutang pada teman. Untuk itu, agar kamu bisa mengatur keuangan dengan baik selama di asrama, ikuti tips berikut ini.

sekolah boarding school terbaik
sekolah boarding school terbaik
  1. Menghindari hutang

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menghindari hutang. Pada saat keadaan yang tidak terlalu mendesak, usahakan kamu tidak berhutang. Hutang hanya akan membuat kamu terbebani, dan bisa membuat tidak fokus saat belajar apalagi jika hutangmu itu menumpuk.

  1. Mengutamakan hal-hal penting

Saat kamu dibekali uang jajan oleh orang tua, maka kamu harus pintar-pintar mengalokasikan uangmu untuk hal-hal yang penting. Jika dirasa hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan, maka kamu tidak perlu membelinya daripada nanti mubazir.

  1. Menabung

Hal yang paling penting untuk kamu lakukan yaitu menabung. Dengan menabung, kamu akan memiliki simpanan dan dana darurat yang suatu saat kamu pasti akan membutuhkannya. Sisihkan uang jajan yang diberikan orang tua sekitar 15-20% perbulannya. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu khawatir tidak memiliki uang simpanan.

  1. Mengeluarkan uang seperlunya

Hal terakhir yang harus kamu lakukan yaitu mengeluarkan uang seperlunya. Jika kamu melihat teman-teman kamu membeli sesuatu di kantin, maka kamu harus pikirkan apakah hal tersebut perlu atau tidak. Jika memang dirasa perlu maka kamu bisa menggunakan uang kamu.

Demikianlah beberapa tips menghemat uang bagi siswa-siswi boarding school. Meskipun kamu bersekolah di sekolah boarding school terbaik, usahakan tetap menghemat uang jajan, ya.