Perlu Kamu ketahui juga bahwa semakin panjang jatuh tempo, maka semakin besar biaya yang harus Kamu bayarkan. Oleh karena itu, pastikan bahwa tenor yang Kamu pilih memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Kamu. Jangan sampai karena semakin besarnya biaya yang harus Kamu bayarkan membuat Kamu semakin terbebani untuk membayar cicilan setiap bulan.

Soal tenor atau jangka waktu pinjaman ini bisa Kamu tanyakan kepada pihak bank sebelum teken perjanjian kredit. Selain itu, ingat-ingat lagi alasan dan kebutuhan Kamu berhutang. pendek. Tujuannya agar Kamu tidak semakin lama berurusan dengan pihak bank dan menghindari tunggakan cicilan.

pinjam uang
pinjam uang

Proses Pencairan Dana Pinjaman, Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa bank tersebut memiliki prosedur yang tidak berbelit-belit dalam hal pencairan dana. Hal ini dimaksudkan agar Kamu bisa segera menggunakan uang tersebut untuk tujuan yang sudah ditentukan sejak awal. Jika prosedur bertele-tele dan sulit untuk dipahami, maka lebih baik Kamu mencari bank lain untuk pinjam uang. Sebagai referensi kamu bisa mengajukan pinjaman dana di bank BTPN melalui aplikasi jenius, dimana aplikasi ini memudahkan kamu untuk melakukan pinjaman dana.

Biaya tambahan sering kali tidak diperhatikan oleh para peminjam. Mereka terlalu fokus pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Mereka tidak sadar bahwa memperhitungkan biaya tambahan juga tidak kalah penting. Beberapa contoh biaya tambahan adalah biaya administrasi meliputi biaya aktivasi, biaya denda yang terjadi karena tunggakan.

Suatu saat Kamu mungkin saja terlambat melakukan pembayaran, sehingga hal ini penting untuk Kamu perhitungkan. Pinjam Uang juga Harus Merasa Nyaman, Pastikan bahwa Kamu memang nyaman saat meminjam uang di bank atau lembaga maupun perusahaan lain. Tidak ada yang mengganjal di hati sehingga semua syarat dan ketentuannya jelas. Bijaklah dalam berhutang.

Jika memang bukan untuk sesuatu yang sangat Kamu butuhkan, lebih baik tunda dulu. Kamu bisa mulai menabung supaya uang terkumpul, sehingga Kamu tidak perlu meminjam uang. Jadi jangan terburu-buru saat melakukan hal apapun, apalagi jika berhubungan dengan masalah keuangan.