cara mencegah rambut rontok
cara mencegah rambut rontok

Rambut rontok bisa dikatakan hal kecil yang biasa terjadi, tetapi sangat mengganggu. Baik laki-laki maupun perempuan pasti pernah mengalami kerontokan rambut. Kerontokan rambut yang berlebihan akan menyebabkan kebotakan dini. Salah satu cara mencegah rambut rontok ialah dengan memenuhi kandungan gizi yang diperlukan rambut, seperti protein dan zinc. 

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok berbeda-beda, ada yang disebabkan oleh faktor genetik, paparan sinar matahari, dan kesalahan dalam penggunaan produk perawatan rambut. Kerontokan rambut bisa terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun atau terjadi secara tiba-tiba dan bersifat permanen.

cara mencegah rambut rontok
cara mencegah rambut rontok

Rambut rontok yang berlebihan akan menyebabkan kebotakan dini. Nah, untuk menghindari hal tersebut mari simak uraian di bawah ini.

1. Kurang Protein

Merawat rambut bukan hanya dari luar saja, melainkan dari dalam juga penting kamu perhatikan. Salah satunya dengan memberikan asupan protein. Menurut penelitian yang dilakukan American Academy of Dermatology, jika keperluan protein tidak terpenuhi secara maksimal maka tubuh akan merespons dengan membagi asupan protein dan mematikan pertumbuhan rambut.

2. Stress

Stress emosional cenderung membuat rambut kamu mudah rontok. Hal ini dikarenakan kadar androgen (hormon pria) naik dan menyebabkan kerontokan rambut. Stress juga dapat memicu permasalahan kulit kepala, mulai dari munculnya ketombe yang berlebihan serta kulit kepala kering. Keadaan stress ini dapat mengacaukan sistem pencernaan yang akan berdampak negatif bagi rambut.

3. Produk Rambut yang Tidak Cocok

Pemilihan produk rambut juga penting kamu perhatikan, seperti bahan pewarna rambut, produk bleaching, penggunaan alat-alat styling rambut, dan hair spray yang dapat menjadi pemicu rambut kamu rontok dengan mudah. Cara mencegah rambut rontok yang disebabkan produk rambut yang tidak cocok sudah tentu menggantinya dengan produk yang sesuai dengan tipe rambut kamu.

4. Kurang Zat Besi

Salah satu penyebab terjadinya rambut rontok yang sering terjadi ialah karena kekurangan zat besi. Padahal zat besi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan protein sel rambut. Penambahan zat besi bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daging merah, kuning telur, ikan, dan lain sebagainya.

Demikianlah hal-hal yang menyebabkan rambut kamu mudah rontok. Salah satu cara mencegah rambut rontok secara alami yaitu memberikan asupan gizi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut.