kalender kesuburan
kalender kesuburan

Masa subur merupakan masa-masa yang sebenarnya harus dipahami oleh setiap perempuan. Bagaimana tidak, mengingat bagaimana pentingnya masa subur bagi perempuan baik yang sedang program hamil maupun yang sedang menghindari kehamilan. Untuk itu mari kenali kalender kesuburan pada diri masing-masing, langkah pertama dalam mengenal masa subur adalah mengetahui apa itu masa subur.

Masa subur pada perempuan atau yang sering disebut sebagai masa ovulasi. Masa ovulasi merupakan masa dimana ovarium melepaskan sel telur yang siap dibuahi. Apabila sel telur berhasil dibuahi maka kehamilan akan terjadi, namun sebaliknya jika sel telur tidak dibuahi maka sel telur akan mati dan luruh bersama dinding rahim yang disebut menstruasi.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Pada masa subur inilah potensi untuk terjadi kehamilan sangatlah besar, untuk itu pasangan suami istri dapat memanfaatkannya untuk merencanakan program hamil maupun sebaliknya. Untuk mengetahui masa subur dapat diperkirakan melalui kalender kesuburan. Yang perlu digaris bawahi disini adalah bahwa masa subur biasanya terjadi pada 4-5 hari sebelum ovulasi. Kemungkinan lain masa subur terjadi sehari sebelum masa ovulasi.

Jangka waktu satu minggu lebih tersebut adalah masa-masa paling subur bagi perempuan. Jadi selama tenggang waktu tersebut kamu dan pasangan dapat melakukan antisipasi demi tercapai program hamil maupun sebaliknya. Untuk menghitung masa subur secara akurat pada zaman modern ini sangatlah mudah. Yaitu dengan menggunakan alat penghitung masa subur Ovutest Femometer.

Ovutest Femometer ini mendeteksi masa subur melalui suhu basal. Selain memiliki alat penghitung masa subur ini, kamu juga harus mengunduh aplikasi femometer di ponselmu. Setelah keduanya kamu peroleh, kamu dapat mulai menghitung masa subur (4-5 hari sebelum ovulasi). Pada hari-hari tersebut kamu dapat mengecek masa subur sesaat setelah bangun tidur.

Ovutest Femometer akan menghasilkan data, data inilah yang harus kamu sambungkan ke aplikasi Femometer yang sudah kamu unduh pada ponselmu. Data masa suburmu akan dianalisis lebih mendalam dalam aplikasi ini dan secara otomatis kamu dapat menyimpan data kalender kesuburan di cloud. Sangat efektif dan akurat bukan!