pertumbuhan gigi anak
pertumbuhan gigi anak

Gigi tetap atau biasa disebut dengan gigi permanen akan tumbuh secara berkala di usia tertentu. Sesuai dengan namanya maka gigi permanen akan tumbuh secara tetap yang dimulai dari usia 6 atau 7 tahun. Hanya saja, perlu bunda ketahui bahwa pertumbuhan gigi anak pada umumnya berbeda antara anak yang satu dengan yang lainnya dikarenakan oleh beberapa faktor.

Namun yang pasti, pertumbuhan gigi permanen akan dimulai secara bertahap dan kondisi ini harus didukung secara penuh dengan cara memberikan asupan gizi dan nutrisi yang tinggi khususnya kalsium.

pertumbuhan gigi anak
pertumbuhan gigi anak

Seperti yang dijelaskan di awal artikel bahwa pertumbuhan gigi pada anak memang berbeda beda dikarenakan oleh banyak faktor. Agar tidak menebak nebak maka yang satu hal yang pasti bunda harus memberikan gizi sejak dini. Terutama dalam hal pemberian kalsium agar pertumbuhan gigi anak bisa berjalan optimal tanpa hambatan berarti.

Ada cukup banyak sumber makanan dan minuman yang mengandung kalsium salah satunya adalah susu. Ya, siapa yang bisa membantah kandungan susu yang begitu komplit sangat baik diberikan untuk mendukung tumbuh gigi si kecil. Dan ini sebaiknya diberikan sejak usia dini dengan jenis susu yang tepat untuk dikonsumsi anak.

Sekarang ini, dipasaran cukup banyak jenis susu yang bisa dipilih sesuai dengan usia dan selera si kecil. Bervariasinya rasa akan semakin memudahkan bunda untuk memastikan asupan kalsium terpenuhi setiap hari. Apalagi, jika didukung dengan pemberian makanan yang bervariasi serta memiliki gizi tinggi seperti keju, yoghurt dan sayuran hijau misalnya.

Ya, berbagai jenis makanan ini memang sebaiknya dikonsumsi sebagai makanan pendamping agar semakin optimal pertumbuhan gigi anak menjelang usia dewasanya. Jika tidak, bisa bisa gigi permanen yang diharapkan tumbuh justru mengalami hambatan. Padahal, gigi inilah nantinya yang tumbuh secara permanen atau biasa disebut dengan gigi dewasa.

Dan jangan lupa, ajari si kecil untuk menjaga kebersihan gigi susu dengan cara menyikatnya terutama menjelang tidur. Semakin bagus posisi gigi susu akan berpengaruh pada gigi permanennya nanti.