ciri perkembangan kognitif anak usia dini
ciri perkembangan kognitif anak usia dini

Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang penting diperhatikan. Di periode tersebut, anak-anak akan belajar menguasai keahlian tertentu. Selain itu, mereka juga akan menghadapi tugas-tugas baru. Itulah salah satu alasan kenapa orangtua wajib mengetahui ciri perkembangan kognitif anak usia dini.

Kognitif sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk bisa mengerti sesuatu. Perkembangan kognitif sendiri mengacu pada kemampuan mereka dalam memahami sesuatu. Nah, berikut kami jelaskan tahapan-tahapannya.

1.  0-24 bulan (Tahap Sensorimotor)

ciri perkembangan kognitif anak usia dini
ciri perkembangan kognitif anak usia dini

Setiap bayi akan lahir dengan reflek bawaan dan juga dorongan untuk bisa mengeksplorasi dunia. Dengan begitu, di masa ini, umumnya kemampuan bayi tergolong cukup terbatas pada gerak maupun reflex dan juga panca inderanya.

Kemudian, berbagai reflex tersebut akan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan. Kemudian, di tahap perkembangan kognitif awal ini, si kecil masih belum mempertimbangkan keinginan, kebutuhan, dan juga kepentingan orang lain.

2.  2-7 tahun (Tahap Praoperasional)

Di masa ini, si kecil sudah mulai mendapatkan rangsangan, meskipun sangat terbatas sekali. Si kecil juga sudah bisa masuk ke dalam lingkungan sosial. Ciri-ciri dari tahapan ini yaitu, si kecil sudah bisa menggunakan operasi mental mereka.

Namun, di masa ini, si kecil masih egosentris. Mereka hanya akan mampu mempertimbangkan sesuatu dari sudut pandangnya sendiri saja. Mereka belum bisa melihat kesulitan dari sudut pandang orang lain.

3.  7-11 Tahun (Tahap Operasional Konkret)

Di masa ini, si kecil sudah bisa melakukan pengurutan dan juga klasifikasi terhadap objek ataupun beberapa situasi tertentu. Pada masa ini, kemampuan berpikir dan mengingat si kecil secara logis pun akan meningkat.

Selain itu, si kecil juga sudah bisa memahami konsep sebab dan akibat secara rasional. Nah, di masa ini, si kecil juga sudah bisa belajar memahami matematika dasar dan membaca. Sifat egosentris si kecil juga perlahan akan hilang pada masa ini.

Nah, itulah beberapa ciri perkembangan kognitif anak usia dini yang harus diketahui oleh setiap orangtua. Selain itu, optimalkan perkembangan mereka dengan susu Dancow. Karena, susu tersebut memiliki banyak kandungan terbaik untuk anak-anak di masa pertumbuhan dan juga perkembangannya.