mengasuh anak
mengasuh anak

Teknologi yang semakin berkembang dengan pesat tanpa dipungkiri mempengaruhi segala macam aspek kehidupan setiap orang pada saat ini. Salah satunya adalah bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Di zaman modern seperti saat ini dimana gadget atau perangkat gawai yang digunakan sebagai alat komunikasi sudah lazim banyak digunakan oleh orang-orang juga sudah menjangkiti anak-anak usia sekolah maupun balita yang memiliki kebiasaan bermain gadget atau gawai tersebut.

Hal tersebut tentunya akan memberikan efek positif dan negatif bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa mengasuh anak dengan memberikan perangkat gadget dan gawai akan membuat mereka lebih santai dan lebih mudah diatur.

mengasuh anak
mengasuh anak

Akan tetapi sebetulnya cara mengasuh anak dengan memberikan gadget maupun gawai merupakan langkah yang kurang tepat dan kurang bijak bagi setiap orang tua. Ada beberapa macam kerugian yang bisa dialami oleh anak-anak ketika mereka memiliki kecanduan atau ketergantungan untuk menggunakan perangkat gadget tersebut salah satunya adalah adanya gangguan kesehatan khususnya pada organ penglihatan.

Anak-anak yang terbiasa melihat layar smartphone, laptop maupun tablet atau berbagai macam perangkat gawai lainnya akan beresiko memiliki masalah pada organ penglihatannya. Selain itu kebiasaan untuk menggunakan gadget juga akan membuat kondisi mental anak-anak menjadi terganggu.

Agar buah hati kita menjadi tidak memiliki kebiasaan ketergantungan terhadap teknologi khususnya penggunaan gadget maupun smartphone ada beberapa cara mengasuh anak yang tepat di era teknologi yang canggih seperti pada saat ini langkah pertama yang bisa dilakukan adalah jangan memperkenalkan perangkat gadget pada anak-anak ketika mereka masih kecil.

Hal tersebut menjadi awal mula ketertarikan anak-anak terhadap perangkat gadget yang biasa digunakan oleh orang tuanya. Selain itu orang tua mereka juga tidak boleh terbiasa untuk menggunakan smartphone maupun perangkat gadget lainnya saat bersama sang buah hati karena tentunya hal tersebut akan menyebabkan mereka menjadi penasaran dengan perangkat yang sedang digunakan.

Langkah selanjutnya adalah memberikan jadwal khusus kapan anak kita bisa menggunakan gadget. Bagi para orang tua yang sudah terlanjur memiliki anak yang terbiasa menggunakan smartphone bisa menyiasatinya dengan memberikan jadwal khusus kapan anak kita bisa menggunakan perangkat gadget tersebut. Dengan begitu maka ia akan terbiasa dan berdisiplin serta tidak akan terlalu menghabiskan waktu bermain dengan smartphone maupun perangkat gawai lainnya.