makanan pendamping ASI
makanan pendamping ASI

Ketika beranjak dari fase pertumbuhan awal ke fase pertumbuhan yang lebih tinggi, anak senantiasa tumbuh dan berkembang. Tentunya proses ini tidak dilewati begitu saja melainkan banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Perhatian orang tua terhadap berbagai macam faktor tersebut menjadi sebuah kunci agar Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal. Salah satu aspek yang harus diperhatikan dengan baik adalah ketika memberikan makanan pendamping ASI sebagai sebuah cara yang baik dalam meningkatkan kualitas tumbuh kembangnya.

Banyak sumber yang baik sebagai makanan pendamping tersebut untuk diberikan kepada anak. Salah satunya adalah dari sumber buah-buahan yang tentunya memiliki berbagai macam nutrisi yang baik bagi anak. Buah-buahan menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan sebagai makanan pendamping. Simak juga beberapa hal berikut ini ketika hendak memberikan makanan pendamping berupa buah-buahan.

makanan pendamping ASI
makanan pendamping ASI

Memilih buah-buahan yang mudah dicerna

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketika hendak memilih buah-buahan yang diberikan kepada Si Kecil. Pastikan dalam memilih jenis yang dapat dicerna dengan baik dan mudah oleh anak. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan anak memang belum dapat mencerna berbagai macam jenis makanan layaknya orang dewasa. Jenis buah seperti alpukat dan pisang menjadi contoh yang dapat diberikan pada anak karena mudah untuk dicerna.

Perhatikan jenis kandungan buah

Selanjutnya adalah bagaimana Bunda dapat memberikan jenis buah yang kaya akan kandungan yang baik. Maka dari itu perhatikan jenisnya dan lihat apa saja kandungan vitamin yang terdapat pada buah tersebut. Pastikan untuk dapat memberikannya jenis buah yang kaya akan kandungan dalam mendukung tumbuh kembang pada anak agar menjadi lebih baik dan optimal.

Memberikan variasi

Banyak jenis buah yang dapat diberikan pada anak sebagai makanan pendamping. Oleh karena itu, Bunda dapat memberikan berbagai macam variasi untuk diberikan kepadanya. Lambat laun Bunda dapat mengetahui apa buah yang memang disukai oleh anak. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam urusan makan. Bunda juga dapat memberikannya Dancow Gum, sebagai rangkaian susu pertumbuhan untuk anak di atas 1 tahun.