berlian sertifikat
berlian sertifikat

Perhiasan memang tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kaum hawa. Ragam jenis perhiasan dapat Anda temukan pada bagian tubuh mereka, seperti tangan, telinga, jari manis, dan leher. Meski demikian Anda juga harus tetap memperhatikan berlian sertifikat yang asli dan palsu.

Ragam berlian juga ternyata bisa menjadi daya pikat tersendiri bagi kaum hawa. Namun sayangnya, masih banyak yang belum paham bagaimana cara membedakan berlian sertifikat asli dan palsu.

Cara Membedakan Berlian Sertifikat yang Asli dan Palsu

berlian sertifikat
berlian sertifikat

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu bahwa berlian yang sudah berada di tangan asli atau palsu. Sertifikat adalah salah satu bukti berlian yang Anda beli asli. Meski demikian, tidak serta merta dengan adanya sertifikat berlian Anda terhitung asli. Karena saat ini banyak cara dilakukan oknum penipu yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

Tentu Anda penasaran bukan bagaimana cara membedakan berlian yang asli dan palsu, terlepas dari sertifikat yang diberikan?

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu berlian tersebut asli atau palsu. Diantaranya adalah :

  • Menggunakan kaca pembesar 

Untuk mencari ketidaksempurnaan yang ada pada berlian, Anda bisa menggunakan kaca pembesar. Cara untuk melihatnya bisa dimulai dari sisi tepi berlian, pemasangannya pada perhiasan lainnya, dan lainnya. Dengan demikian Anda jadi bisa menilai sendiri apakah berlian tersebut asli atau palsu.

  • Menggunakan amplas untuk menggosok berlian

Cara kedua ini termasuk cara yang tradisional untuk menguji apakah berlian Anda asli atau palsu. Karena mengingat untuk membeli alat tes atau alat uji berlian tidak murah, jadi Anda bisa menggunakan cara tradisional tersebut untuk menguji keaslian berlian yang sudah ada di tangan. 

  • Melakukan tes embun

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghembuskan nafas ke arah berlian. Liat embun yang menempel pada berlian, bila embun mampu bertahan sampai hitungan detik, maka sudah pasti berlian yang Anda beli adalah palsu. Karena berlian yang asli  tidak mudah berembun.

  • Mengecek kilau pada berlian dalam cahaya

Harus Anda ketahui bahwa berlian memiliki pantulan kilau yang unik. Yang mana pada batu berlian akan memantulkan kilau warna abu-abu dan putih. Tidak seperti batu lainnya yang memantulkan kilau pelangi. Jadi, kalau kilau berlian yang terpancar pada berlian Anda warna pelangi sudah dipastikan kalau berlian tersebut adalah palsu.

  • Menguji reaktivasi bias pada berlian 

Ada dua cara untuk menguji bias kilau pada berlian. Yakni dengan menggunakan koran dan uji titik. Caranya bisa Anda lakukan dengan cara dibawah ini.

Cara koran :

Taruh berlian secara telungkup, jangan lupa letakkan koran di atasnya. Kemudian coba untuk membaca tulisan yang ada pada koran. Bila tulisan terbaca dengan jelas, bahkan Anda bisa melihat garis-garis hitam yang terdistorsi, maka kemungkinan besar berlian tersebut palsu.

Karena berlian yang asli umumnya akan membelokkan cahaya, sehingga Anda tidak bisa membaca tulisan pada koran. Kecuali, bila pada berlian potongannya tidak sempurna, maka tulisan masih bisa terlihat pada berlian asli.

Uji titik : 

Cara kedua dengan uji titik, yakni dengan menggunakan pena di selembar kertas putih, kemudian letakkan berlian di atas pada pusat titik. Pada berlian asli Anda tidak akan melihat pantulan, namun sebaliknya pada berlian palsu.

Jadi, jangan mudah percaya dengan berlian sertifikat yang mengklaim asli. Selain melihat sertifikat, tentu Anda juga harus tajam saat akan memilihnya. Semoga bermanfaat!