penyebab anak sembelit
penyebab anak sembelit

Sembelit adalah kondisi umum pada anak-anak, ini merupakan tanda peringatan sistem pencernaan yang tidak sehat, kekurangan air, dan kekurangan serat dalam makanan. Sembelit dalam waktu lama dapat mempengaruhi kesehatan sekaligus mengalami kesulitan dalam pengobatan, maka harus diketahui penyebab anak sembelit.

Penyebab Sembelit Pada Anak

Ada banyak alasan yang menyebabkan sembelit pada anak-anak yang terbagi menjadi 2 alasan utama:  patologi serius dan penyebab fungsional. Penyebab fisik termasuk hipertiroidisme, penyakit neuromuskuler, dan juga masalah usus. 

penyebab anak sembelit
penyebab anak sembelit

Kolitis kongenital: bayi dengan penyakit ini seringkali lebih ringan dari biasanya, mereka juga dapat muntah dan memiliki ukuran feses yang lebih kecil. Anak-anak dengan penyakit ini membutuhkan pembedahan, jika tidak maka akan menyebabkan komplikasi aneurisma toksik, syok infeksi, kemungkinan perforasi usus.

Masalah neurologis juga dapat menjadi penyebab anak sembelit parah termasuk kondisi seperti cerebral palsy, keterbelakangan mental, atau masalah tulang belakang. Anak-anak dengan gangguan tersebut seringkali mengalami gangguan motorik antara lain pergerakan usus yang tidak normal dan kurangnya koordinasi dalam buang air besar.

Tanda-Tanda Anak Mengalami Sembelit

Bila anak yang sembelit sering merasakan lama anoreksia, berangsur-angsur bila zat gizi serta vitamin dan mineral tidak terserap, akan mengakibatkan perkembangan fisik yang tidak merata. Hal ini dapat menyebabkan stunting, berat badan rendah, pencernaan yang buruk, penglihatan kabur, dan kelelahan.

Pada kasus sembelit yang parah, anak sering mengalami gejala gatal yang menyakitkan, bahkan ada darah segar di dalam tinja. Penyebab dari gejala tersebut adalah bila tinja menjadi keras dan besar akan bergesekan dengan anus hingga membentuk retakan pada kulit. Bahkan lebih berbahaya bila retakan menjadi fokus atau abses yang meradang.

Gangguan saluran cerna seperti penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan, usus, usus besar seperti penyakit usus besar, malabsorbsi, dapat terjadi karena sembelit yang parah. Apalagi bila seorang anak mengalami stress ketika tidak bisa BAB akan mengakibatkan anak tersebut menderita wasir internal, wasir luar atau beberapa kombinasi dari keduanya. Ini adalah penyakit gatal yang menyakitkan yang bahkan bisa menyebabkan pendarahan.

Mempertahankan Pola Makan 

Dalam makanan untuk anak dengan sembelit parah, anak perlu minum cukup air dan sayur. Selain itu, sebaiknya ajarkan si kecil untuk memiliki kebiasaan ke toilet yang tidak bisa dihentikan, selain menambah air serta serat. 

Bila ada tanda-tanda abnormal pada anak seperti nyeri di banyak area anus saat pingsan, wasir, disertai gejala seperti kelelahan, berat badan turun, nafsu makan hilang. Jika mengalami penyebab anak sembelit yang parah, orang tua harus membawa anak-anak mereka ke fasilitas medis untuk diperiksa, didiagnosis, dan diberikan perawatan yang sesuai.