anting emas

Anting emas erat kaitannya dengan momen – momen penuh kasih sayang untuj gift ideas. Maka ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli barang yang satu ini, ketahuilah betul, ciri – ciri anting emas. Hal ini bertujuan supaya anda dan pastinya orang yang anda sayangi tidak kecewa. 

Wajib bagi anda bisa membedakan berlian asli dan replika, mengingat harga berlian tersebut cukup mahal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda harus mengetahui ciri – ciri berlian asli berikut ini

Pastikan Berlian yang Ada di anting Itu Kuat dan Keras

anting emas
Anting emas

Berlian adalah benda logam paling keras yang pernah ada di bumi. Jadi, anda tidak perlu meragukan lagi akan kerasnya logam mulia ini. Tekstur yang dia miliki juga kokoh, jadi tidak mudah retak. Jika ternyata berlian yang ada di anting itu mudah retak saat dibenturkan, anda patut curiga, bahwa itu bukanlah berlian asli. 

Beberapa berlian juga ada yang di buat dari cubic zircobias. Dengan bahan tersebut, berlian palsu apabila digosok dengan amplas, dirinya akan mudah tergores. 

Melakukan Fog Test

Fog Test adalah salah satu cara untuk menguji apakah berlian itu asli atau palsu. Tes ini juga sering disebut sebagai uji embun. Caranya cukup mudah, cukup hembuskan nafas anda ke berlian tersebut. Jika embun menghilang dengan cepat berarti anting emas itu asli. Namun, jika embun tersebut lama hilangnya, maka bisa jadi palsu. Hal ini dikarenakan berlian memiliki konduktivitas panas yang baik. 

Memperhatikan Pantulan Cahayanya

Langkah selanjutnya, adalah dengan memperhatikan pantulan cahayanya. Jika berlian itu asli, maka memiliki pantulan cahaya yang berwarna putih abu – abu. Untuk mengeceknya, anda bisa melihat berlian tersebut secara lurus dari atas berlian. Anda bisa lihat lihat sendiri, warna apa yang berlian itu tampilkan. Jika warnanya bermacam – macam, kemungkinan besar palsu. 

Perhatikan, apakah berlian tersebut tembus pandang atau tidak

Untuk berlian asli, ia bisa membelokan atau membiaskan cahaya yang melaluinya. Dengan begitu, tampilan berlian asli akan sangat terang karena indeks biasnya  yang besar. Maka dari itu, berlilan asli tidak tembus pandang. 

Untuk mengeceknya, anda bisa meletakkan sesuatu obyek dibawah tersebut dengan bentuk tulisan, seperti koran, buku teks atau lainnya. Lalu, lihatlah dari atas, jika tulisan tersebut masih bisa terbaca, anda patut curiga. Namun, jika tulisan itu tidak terbaca maka indikator bahwa berlian tersebut asli telah terpenuhi. 

Menggunakan kaca pembesar

Untuk mengetahui apakah anting emas yang anda beli adalah anting emas atau imitasi, anda bisa menggunakan kaca pembesar untuk mengeceknya. Untuk sebuah anting emas asli. Dia memiliki tepi yang tajam, sedangkan yang palsu ujungnya bulat. 

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan anting emas asli dan palsu. Beberapa cara di atas dapat anda terapkan ketika sedang membeli anting emas untuk membedakan berlian asli dan replika. Namun, jika ternyata anda sudah terlanjur membeli berlian, dan mendapati bahwa berlian yang anda beli terdapat beberapa ciri yang mengindikasikan bahwa itu palsu, sebaiknya anda serahkan dulu kepada ahlinya untuk di teliti lebih lanjut melalui laboratorium. 

Pertimbangkankan pula toko yang anda kunjungi untuk melakukan pembelian, pastikan hanya mengunjungi toko yang memang sudah terpercaya dan memberikan sertifikat atas berlian yang anda beli.