perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

Dewasa ini ada banyak sekali model perhiasan-perhiasan terbaru. Banyaknya pilihan mungkin akan membuat Anda kebingungan pada saat berencana membelinya. Namun jangan khawatir, di sini kami akan membagikan tips memilih perhiasan berlian asli agar Anda tidak salah membelinya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memilih perhiasan. Nah, berikut kami akan coba jelaskan satu per satu kepada Anda.

1.      Memperhatikan Bentuk Berlian

Bentuk berlian saat ini tersedia dalam beberapa macam. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan Anda. Bentuk berlian juga harus dipertimbangkan sesuai dengan jari Anda. Contohnya untuk jari yang kecil, maka gunakanlah berlian berjenis princess cut yang ukurannya kecil.

Ada juga beberapa bentuk berlian yang bisa membuat ilusi tangan agar tampak lebih panjang. Bentuk-bentuk tersebut yaitu seperti oval, pearl, atau marquise. Sedangkan untuk jari berukuran lebar, Anda bisa menggunakan jenis fancy diamond shape.

Anda juga bisa memilih jenis yang lebih proporsional. Bentuk yang satu ini cocok untuk jenis yang panjang dan kurus. Anda bisa memilih jenis fancy, square, maupun round yang lebih tebal.

perhiasan berlian asli

2.      Memperhatikan Warna Berlian

Kualitas berlian juga dipengaruhi oleh warnanya. Ada banyak warna terbaik sesuai dengan standar warna internasional. Warnanya dikelompokan pada beberapa jenis varian seperti putih bening, yaitu termasuk warna D, E, dan juga F. Selebihnya yaitu warna-warna yang masuk kategori G hingga Z.

Semakin keruh warna berlian, maka tingkatannya diukur dari G hingga Z. Tingkat keruh berlian ditandai dengan warna kuning yang keruh. Namun, tidak berlaku untuk jenis warna kuning untuk fancy diamond yang alami.

Selain kuning alami, beberapa warna fancy berlian juga meliputi pink dan juga hijau. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

3.      Pastikan Berlian Tersertifikasi

Sebelum membelinya, tanyakan kepada penjual apakah perhiasan yang Anda beli memiliki sertifikat atau tidak. Pastikan sertifikat berlian tersebut asli. Sertifikat ini layaknya seperti sebuah akte kelahiran sebuah batu berlian. Di dalamnya terdapat informasi seputar tanggal, bentuk, proporsi, tingkat warna, kejernihan, hingga cutting.

Artinya, dari sertifikat tersebut Anda bisa mengetahui berbagai informasi menarik seputar berlian tersebut. Selain itu, cek juga sertifikasi berlian tersebut sudah memiliki sertifikat grading dari lembaga independen atau belum.

4.      Perhatikan Berat Carat

Karat pada berlian berbeda dengan karat pada emas. Pada berlian, karat adalah berat berlian. Satu karat berlian setara dengan 200 miligram. Beratnya bisa berbeda-beda tergantung dari proses cutting berlian itu sendiri.

Proses cutting memengaruhi besar berlian juga. Misalnya, ada dua berlian yang sama-sama berukuran 1 karat, namun mungkin besarnya bisa saja berbeda. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kecemerlangannya.

5.      Pastikan Keaslian Berlian

Ada dua jenis aksesoris berlian yang ada di pasaran. Dua jenis tersebut yaitu jenis berlian alami dan sintetis. Berlian alami berasal dari kerak bumi yang sangat dalam. Umumnya batu berlian asli terpapar oleh temperatur oleh tekanan tinggi selama jutaan tahun.

Sedangkan berlian sintetis adalah jenis berlian dari laboratorium yang biasanya dapat diketahui dengan harga yang rendah. Artinya, berlian sintetis adalah berlian palsu.

Kesimpulan

Perhatikan semua aspek di atas sebelum Anda memilih berlian. Tujuannya agar Anda tidak salah membeli berlian. Dengan begitu, berlian yang Anda gunakan tidak hanya asli, juga mampu meningkatkan kualitas penampilan Anda.

Demikian informasi seputar tips sebelum membeli perhiasan berlian asli agar tidak salah pilih. Bagi Anda yang ingin membelinya, Anda bisa langsung memilih produk perhiasan dari Miss mondial.